Jangan Campurkan Gula dalam Jus Tomat!

Doktersehat.com – Buah tomat memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Menurut Emilia Achmadi M.Sc, seorang ahli nutrisi, tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh.



Selain sebagai antioksidan, buah ini juga baik menjaga kesehatan jantung dan melancarkan sirkulasi darah. Itulah alasan mengapa Anda harus rutin mengonsumsi jus tomat.

Para ahli lebih menganjurkan untuk mengonsumsi jus yang berasal dari tomat matang ketimbang tomat yang baru setengah matang.

Alasannya, pada tomat yang belum matang gizi yang terbentuk belum sempurna. Selain itu, buah tomat setengah matang kandungan gulanya lebih sedikit ketimbang buah yang sudah matang.

Alhasil, bila rasanya tidak terlalu manis dikhawatirkan Anda akan menambahkan gula dalam campuran jus. Padahal, bila asam amino dalam tomat bercampur dengan gula maka akan membentuk reaksi kimia yang disebut glycation yang bisa merusak kulit.

Sebaiknya campurkan buah lain yang manis bila Anda ingin menambah rasa manis pada jus tomat setengah matang. Anda bisa mencampur dengan semangka atau buah lainnya untuk mendapatkan rasa manis alami. Selain itu, campuran madu juga bisa menambah rasa manis pada jus.

Sumber: femina.co.id