Cara meredakan nyeri haid

DokterSehat.com – Siklus haid yang datang setiap bulan terkadang disertai dengan berbagai keluhan yang amat mengganggu. Salah satu masalah yang kerap ditimbulkan adalah kram perut baik sebelum atau saat awal berlangsungnya haid.



Kram atau nyeri perut bagian bawah yang terjadi menjelang atau di awal haid disebut dengan dismenore. Kondisi ini disebabkan adanya ketidakseimbangan hormonal yang terjadi saat haid. Menurut Dr Daemon Jones diperlukan pendekatan jangka panjang dan jangka pendek untuk mengatasi keluhan nyeri saat haid.

Pendekatan jangka pendek adalah usaha yang dilakukan untuk membantu menghilangkan nyeri saat haid secepat mungkin. Sementara pendekatan jangka panjang adalah dengan memperbaiki masalah hormonal secara permanen.

Mengatasi kram jangka pendek adalah dengan cara menghilangkan nyeri yang disebabkan kram pada otot rahim seperti menumpahkan lapisan dalam yang disebut endometrium.

Keluarnya darah saat haid disebabkan luruhnya pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan zat makanan di endometriu akibat ovum tidak dibuahi oleh sl sperma. Ketika peristiwa itu terjadi, otot-otot rahim berkontraksi berulang kali selama beberapa hari.

Inilah alasan mengapa sebelum haid dimulai beberapa wanita mengalami nyeri di bagian perut. Menjelang  haid, tubuh akan memproduksi hormon prostaglandin yang bisa meningkatkan rasa sakit dan peradangan di dalam rahim. Makin banyak produksi hormon tersebut maka rasa sakit makin meningkat selama PMS.

Untuk meredakan rasa sakit akibat kram Dr Dae menyarankan para wanita untuk mengonsumsi suplemen dan makanan yang dapat mengurangi rasa sakit. Makanan terkadang menjadi obat terbaik saat haid.

Saat menjelang haid makanlah buah dan sayur aneka warna, iken perairan dalam, protein tanpa lemak, serta protein nabati.

Selain itu, makanan sumber kalsium dan magnesium juga dapat membantu meringankan kontraksi otot. Makanan kaya kalsium dapat diperoleh dari kacang-kacangan, sayuran hijau tua seperti bayam, dan almond. Sementara kandungan magnesium bisa didapat dari brokoli, biji labu, labu, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Baca Juga:  Jus Segar Redakan Nyeri Haid

Disarankan pula mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E, dan omega-3. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar tidak mengganggu pengobatan yang sedang dijalani.

Cara lain meredakan nyeri saat haid adalah dengan mengompres perut dan pungguh bawah dengan menggunakan handuk atau bantal pemanas. Selain itu, minum air hangat dan berendam dalam air hangat juga dapat meredakan nyeri.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman Anda bisa melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan telunjuk yang digerakkan melingkar pada perut bagian bawah.

Dari berbagai sumber