Jangan Biasakan Anak Minum Susu Hingga Ketiduran Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi

DokterSehat.Com – Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan oleh orang tua adalah meminta anaknya untuk meminum susu sebelum mereka tertidur. Meskipun bisa membuat perut anak menjadi kenyang dan membuat mereka mengantuk, membiarkan anak meminum susu hingga ketiduran tanpa sempat menyikat gigi terlebih dahulu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulutnya. Seperti apakah dampak buruk tersebut?

doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

Pakar kesehatan gigi bernama drg. Suzanty Ariani, SpKGA yang berasal dari RS Pondok Indah menyebutkan jika banyak orang tua yang berpikir jika usia anak-anak masih belum perlu untuk menyikat giginya sebelum tidur. Mereka berpikir jika toh andai gigi rusak, gigi tersebut akan tanggal dan diganti dengan yang baru. Pola pikir ini sangatlah tidak benar karena kesehatan gigi dan mulut anak juga harus tetap dijaga dengan baik. Andai kita kerap membiarkan anak segera tidur setelah meminum susu atau bahkan membiarkannya terlelap dengan susu masih ada dalam dot di mulutnya, maka hal ini bisa memicu karies gigi.

Selain kebiasaan memberikan susu sebelum tidur, drg. Suzanty juga mencermati kebiasaan orang tua yang memberikan susu saat anak terbangun di tengah malam. Memang, anak bisa mengeluh lapar di tengah malam sehingga meminta susu, namun, andai hal ini dibiarkan dan anak pun tidak diminta untuk menyikat giginya kembali sebelum tidur, maka dikhawatirkan Ia akan mengalami masalah gigi berlubang. Padahal, kita kerap memberikan anak susu yang kaya akan kandungan gula, kandungan yang andai tidak dibersihkan dari gigi akan memicu berbagai masalah kesehatan pada gigi dan mulut.

Andai anak memang sulit untuk diajak menyikat gigi, ada baiknya orang tuanya berinisiatif membersihkan gigi anak dengan kain kasa yang sudah dililit dan diberi air hangat pada saat anak sudah tertidur. Dengan melakukan hal ini, setidaknya sudah tidak ada lagi sisa makanan atau bahkan kandungan susu yang menempel pada gigi yang bisa memicu masalah kesehatan gigi dan mulut.