Jangan Biarkan Anda Hidup Dengan Kecemasan

DokterSehat.Com – Tahukah anda, masyarakat modern ternyata memiliki kecenderungan lebih mudah cemas dibandingkan masyarakat yang hidup pada beberapa puluh tahun yang lalu. Masyarakat modern cenderung memiliki banyak sekali tuntutan hidup yang harus dipenuhi. Disamping tuntutan hidup, pekerjaan yang berat dengan deadline yang cepat juga bisa menambah rasa cemas bagi masyarakat. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan fakta dimana lebih dari 40 menit waktu di pagi hari kini lebih sering dipakai oleh masyarakat untuk mencemaskan banyak hal; dari kesehatan, keuangan, keluarga, hingga pekerjaan.

doktersehat-stres-kerja

Cemas yang berlebihan ternyata bisa membuat masalah psikologi yang lebih besar dan mempengaruhi perubahan perilaku. Banyak orang yang cemas dengan berlebihan ternyata menjadi lebih pemarah dan mudah lepas kendali. Disamping itu, rasa cemas dan ketakutan berlebih juga bisa membuat seseorang menjadi depresi.

Jangan biarkan kecemasan menguasai hidup dan pola pikir anda. Meskipun hidup dipenuhi dengan berbagai tuntutan dan permasalahan, kita ternyata harus mencoba mengubah kebiasaan buruk mudah mencemaskan sesuatu menjadi orang yang terbuka dalam menghadapi berbagai perubahan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Gunakan pola pikir yang positif dan mencoba untuk mempertimbangkan logika. Dengan mengedepankan logika, pola pikir anda tentu akan menjadi lebih rasional dan alih-alih hanya mencemaskan banyak hal, anda justru akan semakin terlatih untuk mencari pemecahan masalah.

Dengan mengubah pola pikir yang menghindari kecemasan berlebih, anda akan mendapati hidup anda menjadi lebih sehat. Anda bisa makan dengan pola makan yang lebih baik dan juga mendapatkan waktu istirahat dengan lebih berkualitas karena mampu menghilangkan rasa cemas berlebihan akan banyak hal. Jika anda bisa mengkombinasikan hal ini dengan pola makan yang sehat dan olahraga, maka tubuh anda pun akan semakin terbebas dari berbagai penyakit berbahaya.

Baca Juga:  Olahraga Saat Berpuasa Sebaiknya Dilakukan di Sore Hari