Jangan Biarkan Anak Tidur Terlalu Larut Karena Bisa Mempengaruhi Kecerdasannya

DokterSehat.Com – Penggunaan gadget yang terlalu berlebihan atau bahkan karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan kerap kali membuat anak tidur pada jam yang cukup larut. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika anak-anak seharusnya tidur dengan waktu yang lebih lama dari waktu tidur ideal orang dewasa, yakni sekitar 8 jam. Andai anak tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup karena baru bisa tertidur pada waktu yang cukup larut, maka Ia beresiko tinggi mengalami penurunan kecerdasan secara bertahap. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anak-kecil-tidur

Pakar kesehatan menyebutkan jika andai anak dibiasakan untuk tidur pada jam yang larut malam, maka hal ini akan berpengaruh besar pada psikologisnya. Selain itu, kurang tidur juga akan memicu kerusakan pada otak anak dua kali lebih besar. Hal ini tentu akan berimbas langsung pada kemampuan berpikir sekaligus daya ingat anak. Selain kehilangan kecerdasannya secara perlahan-lahan, pakar kesehatan yang berasal dari University Hospital of Zurich, Swiss, juga melakukan penelitian yang menemukan fakta dimana anak-anak yang tidur pada jam yang sangat larut juga memiliki kecenderungan mengalami masalah pada emosinya.

Salome Kurt, pakar kesehatan yang tulisannya pernah dimuat dalam jurnal kesehatan Frontiers in Human Neuroscience berkata jika saat tidur, otak akan beristirahat dengan lebih baik dan hal ini akan berimbas positif pada memorinya. Bagi anak-anak, tidur juga bisa menjadi waktu untuk mematangkan otak. Andai anak tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka proses pematangan otak ini tentu akan terganggu sehingga berpengaruh besar pada menurunnya tingkat kecerdadsan.

Profesor Monique LeBourgeois yang berasal dari University of Colorado Boulder menyarankan orang tua untuk memastikan anaknya bisa tidur tepat waktu setiap harinya. Ia bahkan meminta orang tua untuk lebih tegas dengan melarang atau bahkan menyita gadget yang dipegang anak untuk memastikan mereka mendapatkan waku tidur yang cukup setiap harinya. Dengan anak yang tidur dengan cukup, mereka pun akan tumbuh dalam kondisi yang sehat, cerdas, dan tidak mengalami masalah psikologis layaknya stress dan depresi.