Jangan Biarkan Anak Menggunakan Produk Perawatan Kulit Orang Dewasa

DokterSehat.Com – Namanya juga anak-anak, mereka akan penasaran untuk mencoba berbagai macam hal baru. Sebagai contoh, banyak anak perempuan yang penasaran untuk menggunakan produk perawatan kulit atau bahkan kosmetik milik kakak atau orangtuanya. Meskipun terlihat menyenangkan, pakar kesehatan ternyata menyarankan orang tua untuk tidak membiarkan anak menggunakan produk perawatan kulit dari orang dewasa karena bisa memicu masalah kesehatan kulit. Seperti apakah masalah kesehatan tersebut?



Dr. Eddy Karta, SpKK yang merupakan pakar kesehatan kulit, menyebutkan jika kulit anak-anak dengan kulit orang dewasa sangatlah berbeda. Kelenjar keringat dan minyak yang sudah aktif pada manusia dewasa ternyata tidak begitu aktif pada kulit anak-anak. Alhasil, mereka pun beresiko tinggi terkena masalah iritasi kulit, kulit kering, atau masalah kulit sensitif andai menggunakan produk layaknya sabun, produk perawatan kulit, atau bahkan produk kosmetik yang ditujukan bagi orang dewasa.

Bahan perawatan kulit orang dewasa ternyata memiliki kandungan yang terlalu berat bagi kondisi kulit anak-anak. Sebagai contoh, produk perawatan kulit bagi orang dewasa sudah dibagi sedemikian rupa berdasarkan kebutuhan layaknya bagi mereka yang memiliki masalah kulit berjerawat atau masalah kulit berminyak. Kondisi kesehatan kulit ini sangat jarang terjadi pada anak-anak sehingga andai anak menggunakannya, dikhawatirkan kulitnya akan terkena masalah layaknya iritasi, kulit kering, dan lain sebagainya.

Pastikan bahwa anak-anak menggunakan produk perawatan kulit yang memang ditujukan untuk kondisi kesehatan kulitnya. Selain itu, jangan biarkan mereka menggunakan produk kosmetik meskipun hanya untuk coba-coba karena beresiko membuat masalah kulit yang tidak diinginkan. Berikan pemahaman pada anak tentang hal ini sehingga mereka pun akan mengerti dan tidak akan menggunakan produk-produk bagi orang dewasa tersebut secara sembarangan.