Jangan Berpikir Senangnya Saja, Seks Sebelum Nikah Bisa Memberikan Dampak Buruk Ini

DokterSehat.Com– Zaman telah banyak berubah. Meskipun masyarakat Indonesia masih banyak yang menghargai adat ketimuran. Dalam realitanya banyak generasi muda yang mulai mengikuti gaya hidup Barat, termasuk dalam hal seks bebas. Bukan hal yang aneh lagi melihat pasangan muda yang hamil di luar nikah di dekat dengan lingkungan tempat kita tinggal.

doktersehat-pasangan-seks

Usia belia memang bisa membuat para generasi muda penasaran dengan berbagai hal, termasuk yang berkaitan dengan seks. Namun, ada baiknya kita tidak hanya berpikir tentang senangnya saja mengingat seks di luar nikah ternyata juga bisa memberikan banyak kerugian seperti sebagai berikut.

Kecanduan
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa seks di luar nikah memiliki efek yang mirip dengan penggunaan narkoba, yakni kecanduan. Jika hal ini terjadi, tak hanya dilakukan bersama dengan pasangan, seks bisa jadi juga dilakukan dengan orang lain. Hal ini tentu akan mengarah pada kehidupan seks bebas yang berbahaya.

Seks bebas yang bisa menularkan berbagai macam penyakit
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, seks di luar nikah bisa berujung pada kehidupan seks bebas. Meskipun terlihat menyenangkan, seks bebas bisa meningkatkan resiko infeksi menular seksual layaknya gonorea, sifilis, herpes, dan lain sebagainya. Bahkan, penyakit mengerikan seperti AIDS atau kanker serviks yang mematikan juga bisa menular akibat dari gaya hidup ini.

Aborsi
Banyak wanita muda yang panik karena mendapati dirinya hamil di luar nikah. Alhasil, aborsi pun dijadikan pilihan. Yang menjadi masalah adalah, aborsi dengan alasan hamil di luar nikah sama saja dengan membunuh. Tak hanya itu, proses aborsi juga bisa memberikan efek buruk yang menyakitkan bagi kesehatan wanita.

Menikah muda
Hamil di luar nikah bisa berujung pada pernikahan di usia dini. Padahal, banyak anak muda yang belum siap menghadapi tanggung jawab besar mengarungi berbagai masalah rumah tangga. Hal ini bisa memicu masalah psikologis atau bahkan kasus KDRT.