Jangan Berolahraga Terlebih Dahulu Jika Tubuh Merasakan Hal Berikut Ini

DokterSehat.Com – Salah satu kunci mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal adalah dengan rutin melakukan olahraga. Namun, berolahraga juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena andai dipaksakan justru yang terjadi adalah kita akan mengalami cedera atau masalah kesehatan. Pelatih fitness terkemuka bernama Jennifer Cohen menyarankan kita untuk tidak memaksakan diri untuk berolahraga andai tubuh merasakan tanda-tanda sebagai berikut.

doktersehat-cedera-olahraga-keseleo-kaki

Tubuh lelah dan tak bertenaga
Berbagai macam kesibukan sehari-hari tanpa kita sadari membuat tubuh terasa lelah dan tak bertenaga. Biasanya, hal ini ditandai dengan tidur yang terasa sangat cepat dan saat bangun, tubuh seakan-akan sangat berat untuk diajak bergerak. Alih-alih memaksakan diri untuk berolahraga, Cohen justru menyarankan kita untuk kembali beristirahat atau setidaknya bersantai. Jika kita tetap berolahraga, kita justru akan menambah stress pada tubuh dan hal ini bisa membuat kita mengalami beberapa masalah kesehatan.

Tubuh terasa sakit
Aktifitas fisik, baik itu yang disebabkan oleh kegiatan harian ataupun yang disebabkan oleh kegiatan olahraga, terkadang memang bisa membuat tubuh terasa sakit. Hal ini menandakan bahwa tubuh membutuhkan pemulihan dan sebaiknya tidak digunakan untuk berolahraga terlebih dahulu. Berikan kesempatan untuk tubuh dalam mengganti atau memperbaiki serat otot yang rusak. Saat tubuh sudah terasa enakan, barulah kita bisa berolahraga kembali.

Mengalami cedera
Saat cedera datang, seringan apapun cedera itu, ada baiknya kita lebih memprioritaskan penyembuhan daripada memaksakan diri untuk berolahraga. Dalam banyak kasus, berolahraga justru akan membuat cedera semakin parah. Jika cedera yang muncul ternyata ada pada salah satu bagian tubuh, kita bisa saja memfokuskan latihan fisik pada bagian tubuh lain asalkan bagian tubuh yang cedera tidak perlu banyak bergerak. Namun, jika bagian tubuh yang cedera juga tetap aktif, memang saatnya kita untuk menyembuhkannya terlebih dahulu dan tidak berolahraga untuk sementara waktu.