Jangan Berlebihan Mengkonsumsi Gorengan!

DokterSehat.Com – Hujan yang datang hampir setiap hari membuat suhu udara pun cenderung lebih dingin dan lebih lembab. Suhu yang lebih dingin membuat banyak orang yang berbondong-bondong mencari camilan hangat untuk dikonsumsi di kala hujan. Salah satu jenis camilan yang sangat laris manis di musim hujan adalah gorengan. Bahkan, banyak orang yang mengaku mereka memakan lebih banyak gorengan di musim hujan seperti sekarang ini. Padahal, banyaknya gorengan yang dikonsumsi tentu bisa berimbas kurang baik bagi kesehatan tubuh!

doktersehat-keripik-soda

Gorengan yang hangat, gurih, dan renyah yang dijual di banyak tempat seringkali digoreng dengan minyak yang sangat banyak sekaligus yang telah dipakai selama berulang-ulang. Minyak inilah yang membuat gorengan memiliki banyak lemak trans. Hal ini berarti jika kita banyak mengkonsumsi gorengan, kita akan meningkatkan resiko terkena beberapa penyakit berbahaya layaknya kolesterol tinggi, obesitas, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung. Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center merilis fakta dimana jika seorang pria mengkonsumsi gorengan cukup banyak, maka Ia pun beresiko terkena kanker prostat.

Jika kita tidak bisa mengendalikan diri dalam mengkonsumsi gorengan, maka kita akan beresiko meningkatkan kadar kolesterold dalam darah. Kolesterol jahat pada akhirnya bisa membentuk plak pada pembuluh darah dan jika plak ini semakin menumpuk, maka aliran darah pun bisa tersumbat dan bisa beresiko menyebabkan serangan jantung. Bagi ibu hamil sendiri, konsumsi gorengan yang berlebihan ternyata bisa memicu masalah diabetes gestasional, penyakit diabetes selama proses kehamilan.

Mengapa gorengan sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh banyak pakar kesehatan? Selain faktor minyak yang dugunakan, beberapa faktor layaknya cara menggoreng, bahan apa saja yang dipakai, hingga seberapa banyak garam yang digunakan juga mempengaruhi baik buruknya gorengan. Untungnya, beberapa pakar kesehatan masih menganggap jika konsumsi gorengan sesekali saja tidak akan membahayakan kesehatan tubuh. Hal ini berarti, meskipun musim hujan ini mengundang perut kita untuk terus mencari camilan, ada baiknya kita bisa mengendalikan diri untuk tidak terus-terusan mengkonsumsi gorengan yang kurang sehat.