Jangan Berlebihan Meminum Air

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar saran dari banyak pakar kesehatan yang meminta kita mengkonsumsi banyak air putih dalam sehari. Memang, semakin banyak air yang dikonsumsi tentu akan membuat tubuh kita terhidrasi dengan baik, membuat tubuh bisa mendetoksifikasi berbagai macam racun dengan lebih baik, dan juga bisa membuat kesehatan tetap terjaga. Sayangnya, saran ini sering disalahartikan banyak orang dimana orang pun akan meminum air putih sebanyak-banyaknya dalam sehari. Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi air yang melebihi batas ternyata juga akan kurang baik bagi kesehatan tubuh.

shutterstock_34531087 copy

Guru Besar Fakultas Kedokteran dari Universitas Indonesia, Parlindungan Siregar menuturkan jika konsumsi air putih yang dianjurkan dalam sehari adalah dua liter saja dan ada baiknya tidak melebihi batas tersebut. Dengan air putih sebanyak dua liter dalam sehari, tubuh sudah mendapatkan asupan cairan yang cukup dan terhidrasi dengan baik. Hanya saja, beliau juga menuturkan jika asupan dua liter ini akan lebih sesuai bagi mereka yang banyak melakukan aktifitas fisik. Jika kita tidak begitu banyak melakukan aktifitas yang tidak menguras fisik, satu hingga satu setengah liter air dalam sehari akan sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya organ ginjal.

Andai kita termasuk orang yang rajin melakukan olahraga, kita tentu harus mampu menjaga tubuh agar tidak terkena dehidrasi karena kekurangan air setelah banyak melakukan latihan fisik. Hanya saja, jangan terlalu banyak mengkonsumsi air putih karena justru bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman karena rasa kembung atau begah pada perut. Minumlah air seperlunya saja sesuai dengan kebutuhan. Saat tubuh dalam keadaan normal tanpa adanya latihan fisik, tubuh biasanya akan mengeluarkan cairan sebanyak 1,6 liter dalam sehari. Pengeluaran cairan tersebut terbagi hampir merata pada air seni, keringat, gas buang pernafasan, hingga tinja saat buang air besar. Kita memang sebaiknya tidak mengkonsumsi air secara berlebihan mengingat ginjal hanya akan mampu bekerja dengan normal mengeluarkan air setidaknya 400 hingga 600 mililiter setiap jamnya.

Baca Juga:  Ladies, Ini Adalah Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan di Usia Dewasa