Jangan Berlebihan Dalam Memakai Air Conditioner

DokterSehat.Com – Baik musim hujan maupun musim kemarau, suhu udara yang kita rasakan setiap hari akan cenderung hangat meskipun dalam beberapa waktu akan ada pengecualian. Karena alasan inilah banyak orang yang memilih untuk mempergunakan air conditioner atau AC di rumah-rumah atau di area perkantoran. Adanya air conditioner akan bisa membuat suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk dan lebih nyaman. Sayangnya, dibalik rasa nyaman yang ditawarkan oleh air conditioner, terdapat beberapa gangguan kesehatan yang beresiko muncul jika kita berlebihan menggunakannya.

doktersehat-sakit-flu

Berlebihan yang dimaksud adalah jika kita menggunakannya hampir setiap saat dari siang hari, malam hari, atau bahkan di saat kita tidur. Seringkali kita tidak mengecek kebersihan air conditioner secara berkala sehingga filternya bisa menjadi sangat kotor dan penuh dengan debu, jamur dan berbagai macam bakteri yang tentu akan sangat tidak baik jika dihirup setiap saat. Banyak orang yang mengeluhkan penyakit gangguan pernafasan layaknya batuk-batuk atau bahkan radang paru-paru karena mempergunakan air conditioner secara berlebihan.

Penggunaan air conditioner yang berlebihan sangatlah tidak baik mengingat kandungan udara di dalam ruangan cenderung tidak benar-benar tersirkulasi dengan baik. Singkat kata, kita akan lebih sering menghirup udara lama yang diputar dan didinginkan sehingga terasa lebih segar. Sayangnya, udara tersebut justru sama sekali jauh dari kata segar. Banyak kasus dimana penggunaan air conditioner di dalam ruangan akan memudahkan penularan penyakit layaknya flu atau pilek karena virus akan terus tersirkulasi di dalam ruangan.

Air conditioner juga cenderung akan membuat tingkat kelembaban di dalam ruangan sangat rendah dan pada akhirnya memicu kulit kering. Dalam beberapa kasus, rambut juga bisa mendapatkan dampak yang buruk karena kehilangan kelembabannya secara masif. Selain itu, pernahkah anda merasa mudah lelah, sakit kepala, dan gejala layaknya meriang saat berada dalam ruangan ber-air conditioner namun saat keluar dari ruangan anda justru merasa sangat bugar? Ini adalah sebuah gejala yang disebut sebagai “sick building syndrome” yang biasanya terjadi karena suhu udara di dalam ruangan terlalu dingin. Untuk menghilangkan gejala sindrom ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk berjalan-jalan ke luar ruangan, dan akan lebih baik jika kita menemukan taman yang lebih segar udaranya.