Jangan Berlebihan, 3 Makanan Ini Bisa Merusak Tulang

tulang ekor sakit

DokterSehat.Com– Jika Anda sudah memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Jangan tenang dulu, karena ternyata ada makanan dan minuman yang bila kita berlebihan mengonsumsinya maka kesehatan tulang menjadi terganggu. Kita tentu tidak mau, kan jika asupan kalsium yang sudah tercukupi menjadi sia-sia?

Asupan beberapa jenis bahan makanan yang berlebihan bisa memengaruhi kesehatan tulang dengan mengganggu penyerapan atau menghilangkan ketersediaan zat gizi penting untuk tulang. Beberapa bahan makanan tersebut adalah:

1. Makanan yang tinggi garam

Asupan garam yang melebihi 2300 mg natrium dalam sehari akan merusak ketersediaan kalsium dalam tubuh. Semakin banyak garam berarti semakin banyak kalsium yang terbuang. Bahan makanan kemasan seperti camilan keripik dengan tambahan rasa dan keju memiliki kandungan garam yang cukup tinggi.

Penggunaan garam maksimal adalah satu sendok teh dalam sehari, namun kita tentu perlu memerhatikan asupan natrium dari bahan makanan lain ya. Jika dalam satu hari kita sudah mengonsumsi lebih dari 2-3 porsi camilan tinggi natrium maka penggunaan garam sebaiknya ½ atau ¼ sendok teh saja.

2. Alkohol

Alkohol lebih dari 2-3 porsi dalam satu hari terbukti mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Berbagai asosiasi kesehatan dunia menganjurkan konsumsi alkohol paling banyak adalah satu porsi saja dalam satu hari.

doktersehat-minuman-kaleng-bir-soda

3. Minuman bersoda

Pakar kesehatan dari WebMD, Jennifer Robinson, menyebutkan bahwa minuman bersoda yang dikonsumsi berlebihan akan merusak tulang karena kandungan kafein dan fosfor yang cukup tinggi. Meskipun ada beberapa jenis minuman bersoda yang menambahkan kandungan kalsium di produknya, namun hal itu disebut bukan menjadi jaminan terdukungnya kesehatan tulang.

Nah, itu dia tiga makanan dan minuman yang harus kita batasi asupannya. Dengan mengontrol ketiga asupannya maka pemenuhan kalsium tubuh kita akan semakin optimal, kan?