Jangan Bergantung Pada Obat, Kopi Ternyata Bisa Menyembuhkan Sakit Kepala

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu adalah sakit kepala. Bagaimana tidak, saat sakit kepala datang, khususnya yang sampai membuat kepala tegang atau terasa layaknya tertusuk-tusuk, kita bisa kesulitan untuk melanjutkan aktifitas. Tak hanya itu, rasa tidak nyaman di kepala juga membuat kita serba salah karena andai kita beristirahat ataupun saat kita gunakan untuk beraktifitas, tetap saja kepala terasa tidak karuan.

doktersehat-kopi-demensia

Untuk mengatasi masalah sakit kepala ini, kita bisa mengkonsumsi obat yang bisa didapatkan langsung di warung-warung terdekat. Beberapa jenis obat sakit kepala bahkan sudah dibagi-bagi berdasarkan oleh jenis sakit kepala yang menyerang kita. Namun, alih-alih bergantung pada obat, kita bisa menggunakan bahan lainnya yang dianggap lebih aman, yakni kopi.

Pakar kesehatan yang berasal dari Boston Children’s Hospital, Amerika Serikat, baru-baru ini menemukan sebuah fakta menarik dari minuman yang disukai oleh banyak orang di muka bumi ini. Menurut mereka, kandungan di dalam kopi ini ternyata mampu meredakan masalah sakit kepala atau nyeri yang menyerang bagian tubuh lainnya sebagaimana kemampuan obat-obatan yang memiliki kandungan ibuprofen. Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan pada tikus-tikus percobaan pada laboratorium rumah sakit tersebut. Dalam penelitian ini, terlihat bahwa tikus yang diberi kopi ternyata lebih baik dalam memproduksi hormon dopamine yang merupakan hormon bahagia dan mampu meredakan rasa sakit, termasuk sakit kepala dengan cukup efektif.

Pakar kesehatan yang merupakan ahli fisiologi bernama dr. Chloe Alexandre menyebutkan bahwa kopi memang bisa memberikan manfaat untuk meredakan rasa nyeri. Beliau sendiri menyarankan para pasien yang sebelumnya mengkonsumsi obat-obatan yang meredakan rasa nyeri pada tubuh untuk mulai mengkonsumsi kopi agar mendapatkan manfaat ini.