Jangan Beli Minuman yang Ditambahi Irisan Lemon di Atasnya

DokterSehat.Com– Saat berada di restoran atau kafe, kita tentu pernah menemukan minuman yang di bagian bibir gelas ditambahi irisan lemon. Sebenarnya, irisan lemon ini ditujukan sebagai hiasan yang membuat minuman terlihat lebih menyegarkan. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, irisan lemon ini bisa berbahaya bagi kesehatan.



Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal Environmental Health, disebutkan bahwa 70 persen dari irisan lemon yang ditemukan dari 21 restoran ternyata sudah terkontaminasi bakteri berbahaya. Hal ini disebabkan oleh cara penyimpanan irisan lemon yang sangat lama di tempat yang memungkinkan untuk bakteri menempel, yakni pada semacam mangkuk atau piring yang tidak disimpan di suhu yang sangat rendah. Cara penyimpanan ini kerap dilakukan oleh para koki demi menghemat waktu agar bisa segera menyediakan minuman bagi para tamu.

Tak hanya irisan lemon yang ditempatkan pada minuman, irisan jeruk nipis yang banyak ditemui di warung soto atau warung siomay juga sebaiknya kita waspadai karena juga memiliki bakteri berbahaya karena tidak ditempatkan di suhu yang sangat rendah.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak memilih minuman yang memiliki tambahan irisan lemon di bibir gelas atau meminta irisan lemon yang masih baru saja pada penjualnya jika kita memang ingin mengkonsumsi minuman dengan tambahan lemon tersebut. Jika kita makan di tempat makan yang menyediakan irisan lemon, jeruk nipis, mentimun, atau sayuran lainnya, pastikan untuk meminta irisan baru atau yang masih utuh agar kita bisa iris sendiri dengan pisau. Hanya saja, pastikan pula bahwa pisau yang kita pakai juga berada dalam kondisi yang bersih demi menekan kontaminasi bakteri.