Jangan Bawa Ponsel Saat Buang Air Besar!

DokterSehat.Com – Kemajuan teknologi ternyata tidak selalu bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Salah satu bukti dari pernyataan ini adalah semakin banyaknya orang yang ketergantungan dengan ponsel sepanjang hari. Bahkan, ada orang yang hidup dengan ponsel menempel pada tubuhnya dari bangun tidur hingga tidur kembali karena tidak ingin ketinggalan media sosia yang mengasyikkan. Bagi beberapa orang, ponsel bahkan ikut dibawa hingga ke toilet saat buang air besar. Selain bisa dipakai untuk bermain game, buang air besar dengan mengecek media sosial tentu akan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan duduk diam menunggu buang air besar hingga tuntas.

doktersehat-toilet-wasir-kencing-berdarah

Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebagaimana telah banyak diketahui, toilet, apalagi toilet umum adalah tempat yang kurang bersih dan disesaki dengan bergam bakteri, kuman, hingga virus yang bisa memicu penyakit. Kita tentu sering mendengar anjuran untuk mencuci tangan setelah dari toilet, bukan? Hal ini dikarenakan hampir semua benda yang ada di toilet dari kran air, tempat tisu, atau bahkan gagang pintu sudah ditempati oleh kuman maupun bakteri. Jika kita membawa ponsel ke dalam toilet, maka bisa dipastikan kuman dan bakteri juga akan hinggap ke ponsel kesayangan kita bukan? Ingat bahwa saat kita menyiram toilet, berbagai kuman dan bakteri pun ikut terbang ke segala arah, termasuk ke ponsel yang ada pada genggaman anda.

Yang menjadi masalah adalah, kita tidak akan mencuci ponsel layaknya kita mencuci tangan setelah keluar dari toilet. Ponsel ini akan terus kita bawa saat makan atau bahkan di tempat tidur. Tangan pun akan terus menyentuh berbagai kuman dan bakteri yang tidak sehat setiap saat sehingga kita pun akan mendapatkan resiko terkena penyakit.

Baca Juga:  Keuntungan Mengkonsumsi Air Putih Selama Hamil

Melihat adanya fakta ini, tentu ada baiknya kita tidak lagi membawa ponsel ke toilet. Lebih baik duduk bengong menunggu buang air besar hingga tuntas namun tidak beresiko terpapar kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, bukan?