Jangan Banyak Makan saat Sakit!

Doktersehat.com – Ketika sakit orang akan lebih menjaga asupan nutrisi untuk memulihkan kondisi tubuh. Dengan mengonsumsi banyak makanan mereka percaya akan lebih cepat sembuh.



Tapi, sebuah penelitian menemukan hal yang berbeda. Menurut para ilmuwan dari University of Edinburgh, saat mengalami demam akibat infeksi kondisi perut yang kosong atau lapar dapat menjadi obat yang efektif.

Sebaliknya perut yang terisi banyak makanan atau terasa kenyang malah akan mempercepat penyebaran infeksi.

Penelitian ini melakukan pengujian terhadap infeksi bakteri pada kutu air. Hasil riset ini menunjukkan infeksi dapat menyebar cepat bila pasokan makanan ditambah.

Kutu air menjadi sangat menular saat parasit yang menyebabkan infeksi kutu air diberikan makanan yang cukup ketimbang dalam kondisi lapar.

Menurut penjelasan para peneliti, kutu air dapat lebih lama bertahan hidup bersama parasit bila mendapatkan cukup makanan. Akibatnya, parasit lebih banyak waktu berkembang biak sehingga bisa lebih menular.

Saat kutu air mati, bakteri parasit yang berkembang di usus kutu air akan melepaskan spora yang menular. Dari sekian banyaknya kutu air yang mendapatkan banyak makanan, faktanya ada yang membawa parasit lebih banyak dari yang lain sehingga lebih rentan menyebarkan penyakit.

Salah satu peneliti menerangkan bahwa pada beberapa hewan nutrisi memegang peranan penting dalam penyebaran penyakit.

Sumber: detik.com