Jangan Asal Mengkonsumsi Obat Tidur Jika Mengalami Insomnia

DokterSehat.Com – Masalah insomnia atau kesulitan untuk tidur memang bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, tubuh sudah terasa sangat lelah dan membutuhkan istirahat yang nyaman, namun kita justru tak kunjung terlelap. Karena kejengkelan ini, banyak orang yang akhirnya memilih jalan pintas dengan cara mengkonsumsi obat tidur. Memang, obat tidur bisa dijadikan solusi yang ampuh dan cepat agar kita bisa segera tidur. Sayangnya, andai kita mengkonsumsinya secara sembarangan, bisa jadi obat tidur ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

Pakar kesehatan dari Klinik Gangguan Tidur RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta bernama dr. Astuti, Sp S(K), berkata jika obat tidur seharusnya hanya dikonsumsi dalam jangka pendek. Andai dikonsumsi terlalu lama, yang dikhawatirkan adalah pola tidur seseorang menjadi rusak dan pada akhirnya Ia kecanduan obat tidur dan tidak bisa tidur andai tidak mengkonsumsi obat ini.

Menurut beliau, pola tidur yang normal adalah munculnya rasa mengantuk hingga kita bisa terlelap dengan nyenyak. Andai pola ini sudah rusak, maka yang terjadi adalah kita akan kesulitan untuk mengantuk dan kualitas tidur kita pun akan menurun drastis. Memang, kita masih bisa mengkonsumsi obat tidur untuk mengatasinya, namun, konsumsi obat ini secara berlebihan pada akhirnya memicu rasa cemas yang berlebihan.

Alih-alih langsung mengambil jalan pintas dalam mengobati insomnia, dr. Astuti justru lebih menyarankan kita untuk lebih baik dalam membuat tubuh merasa nyaman sehingga kita pun bisa segera mengantuk dan tertidur. Sebagai contoh, kamar harus dirapikan, dibersihkan, dan ditutup rapat sehingga kita tidak akan mengalami gangguan apapun. Selain itu, kita juga bisa mulai membatasi waktu tidur siang atau bahkan mulai berolahraga di malam hari dan mandi hingga bersih setelahnya, dan mulai berpikiran positif sebelum tidur sehingga kita pun akan segera terlelap.

Baca Juga:  Pentingnya Peran Olahraga Untuk Lansia

Andai cara-cara itu tidak berhasil, barulah kita berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat tidur yang biasanya berdosis kecil dengan penggunaan maksimal 10 hari. Sayangnya, banyak orang yang langsung membeli obat tidur tanpa mendapatkan resep dokter terlebih dahulu sehingga akhirnya mereka pun mengalami penurunan kualitas tidur yang cukup signifikan.