Jangan Asal Mencukur Habis Alis Mata

DokterSehat.Com – Kaum hawa tentu memiliki keinginan besar untuk selalu tampil cantik setiap saat. Karena alasan inilah, kita tidak boleh heran jika kaum hawa membawa banyak sekali perawatan make-up pada tasnya. Beberapa wanita bahkan memilih untuk memakai make-up dengan cara yang tidak biasa, layaknya mencukur habis alisnya untuk mendapatkan alis baru yang membuat tampilan wajahnya jauh lebih cantik. Apakah hal ini bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan mata?



Membuat alis palsu dengan pensil alis atau memakai tato alis adalah salah satu solusi bagi wanita untuk mempercantik tampilannya. Berubahnya tampilan alis ternyata bisa berpengaruh besar pada tampilan wajah secara keseluruhan. Sebagai contoh, beberapa wanita mengeluhkan tampilan alis yang sangat tidak rapi dan bisa diperbaiki dengan cara mencukur habis alisnya dan menggambar alis baru yang lebih rapi dengan pensil alis. Meskipun bisa memperbaiki tampilan wajah secara signifikan, pakar kesehatan justru menyerukan berbahayanya mencukur habis mata karena bisa membuat salah satu pelindung mata alami tidak lagi bekerja secara fungsinya.

Fungsi utama dari alis mata adalah membuat area mata terjaga kelembabannya. Andai wajah penuh dengan keringat atau terkena air, maka alis, setipis apapun bentuknya, akan membuat aliran air atau keringat mengarah ke samping wajah sehingga mata pun tidak akan mudah dimasuki air atau keringat. Mekanisme ini akan membuat mata tetap melihat dengan jelas meskipun sedang berlari dan bercucuran keringat atau di tengah hujan yang sangat deras. Jika kita mencukur habis alis mata, apalagi jika hanya menggantinya dengan gambaran dari pensil alis atau tato alis, maka mata pun tidak lagi memiliki perlindungan dari keringat atau air sehingga mata pun akan beresiko termasuki cairan tersebut. Dalam beberapa kasus, keringat yang masuk ke dalam mata bisa memberikan sensasi perih atau iritasi pada mata.

Baca Juga:  Apakah Tekanan Darah Rendah itu Berbahaya bagi Kesehatan?

Andaipun jika anda ingin mengubah tampilan alis anda menjadi lebih baik, ada baiknya opsi yang dipilih adalah merapikan alis mata saja sehingga bisa membuat tampilan wajah berbeda. Jika kita hanya menghilangkan sebagian alis, maka kita setidaknya masih memiliki perlindungan bagi mata sehingga kita pun tidak akan mengalami gangguan kesehatan pada mata.