Jangan Asal Memilih Minyak Aromaterapi

DokterSehat.Com – Kehidupan modern memberikan banyak sekali dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Dalam sisi positif, kita akan mendapatkan banyak sekali kemajuan teknologi dan perubahan kehidupan sosial masyarakat yang menjadi semakin simpel. Sayangnya, kita juga akan mendapatkan tuntutan yang jauh lebih besar, khususnya dalam dunia kerja sehingga bisa menyebabkan kita mengalami stress. Untuk mengatasinya, beberapa orang akan memakai aromaterapi yang diyakini bisa memberikan efek menenangkan bagi pikiran.

shutterstock_301927799 copy

Aromaterapi sendiri memang dipakai untuk membuat pikiran dan juga tubuh menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, minyak aromaterapi juga diyakini bisa membuat kesehatan kulit menjadi lebih baik dan membuat beberapa penyakit layaknya pilek atau demam menjadi sembuh. Hanya saja, dikarenakan kini sangat banyak aromaterapi yang dijual secara bebas, kita tentu juga harus lebih cermat dalam memilih minyak aromaterapi untuk kesehatan tubuh kita.

Minyak aromaterapi yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah minyak atsiri yang banyak didapatkan dari ekstrak akar-akaran, bunga, biji-bijian, hingga dedaunan dari tumbuhan. Yang menjadi masalah adalah, banyak minyak atsiri yang palsu sehingga jika kita membeli minyak atsiri, pastikan jika kita mendapatkan sertifikat keaslian dan juga sertifikat kemurnian yang berasal dari laboratorium kromatografi. Setelah mendapatkan minyak atsiri, kita harus mengetahui jika penggunaan minyak atsiri tidak bisa berdiri sendiri dan harus dikombinasikan dengan bahan lainnya. Beberapa orang akan mencampurkan beberapa jenis minyak atsiri sesuai dengan selera. Hanya saja, jika kita asal-asalan mencampurkannya, minyak atsiri justru bisa memberikan alergi.

Selain dengan bahan minyak atsiri lain, kita juga bisa mencampurkan minyak aromaterapi ini dengan minyak almond atau minyak wijen untuk mendapatkan sensasi yang unik dan menenangkan. Selain itu, beberapa jenis minyak lain layaknya minyak kayu putih, lavender, hingga tea tree juga bisa kita gunakan untuk mendapatkan aromaterapi yang netral tapi menenangkan pikiran dan tubuh. Andai kita memiliki anak atau bayi di dalam rumah, maka kita pun sebaiknya harus berhati-hati dalam memakai minyak atsiri, khususnya yang memiliki aroma cengkeh, lada hitam, thyme, dan beberapa jenis minyak dengan aroma tajam lain yang bisa mempengaruhi kesehatan dan selera makan anak-anak.