Jangan Asal Memberi Pasta Gigi Pada Anak

DokterSehat.Com – Kebanyakan pasta gigi yang kita gunakan memiliki kandungan fluoride. Kandungan ini sendiri mampu membuat lapisan enamel gigi kita menjadi lebih kuat. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak pernah lupa menggunakan pasta gigi saat menyikat gigi. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride ini ternyata sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Apa alasan dari hal ini?



Adalah American Dental Association yang meminta orang tua lebih berhati-hati dalam memberikan pasta gigi saat anak menyikat giginya. Memang, anak-anak seharusnya sudah diajari cara membersihkan gigi dan mulut dengan benar sejak usia dini. Hanya saja, kita harus memperhatikan tahapan dalam mengajari anak cara membersihkan gigi tersebut.

Jika anak masih berusia di bawah 2 tahun, ada baiknya kita membantu anak membersihkan giginya hanya dengan air saja. Namun, ada sebagian pakar kesehatan yang menyebutkan jika asalkan gigi anak sudah tumbuh, maka kita bisa menggunakan pasta gigi saat menyikat gigi anak. Jika anda ragu, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu akan hal ini. Jika memang diperbolehkan, pastikan untuk menggunakan pasta gigi yang diperuntukkan bagi anak dan dengan ukuran yang sangat kecil, yakni sekitar sebiji gandum saja.

Saat anak sudah berusia 3 hingga 6 tahun, kita bisa dengan lebih tenang menggunakan pasta gigi ber-fluoride yang diciptakan khusus untuk anak-anak. Ukuran dari pasta gigi yang digunakan juga tidak boleh melebihi 1 biji kacang polong. Pastikan untuk mengajari anak cara menyikat gigi dengan benar dan rutin dua kali dalam sehari, yakni di pagi hari dan sebelum tidur.

Mengapa kita harus berhati-hati dalam memberikan pasta gigi ber-fluoride pada anak? Pakar kesehatan menyebutkan jika penggunaan kandungan fluoride secara sembarangan ini bisa jadi akan menyebabkan fluorosis, kondisi dimana permukaan gigi mengalami bercak putih yang bisa berlangsung secara permanen. Hanya saja, bukan berarti kandungan fluoride ini tidak penting bagi kesehatan gigi anak. Tak hanya membuat gigi menjadi lebih kuat, anak di atas 6 tahun yang rutin menyikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride juga akan menurunkan resiko terkena karies gigi dengan signifikan.