Jangan Anggap Remeh Pilek Pada Anak

DokterSehat.Com– Karena daya tahan tubuhnya masih berkembang dan belum sempurna, anak-anak pun cenderung lebih mudah jatuh sakit. Salah satu penyakit yang kerap menyerang anak adalah pilek. Meskipun terlihat seperti penyakit yang ringan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya orang tua tidak menyepelekan penyakit ini karena bisa saja menyebabkan masalah kesehatan yang jauh lebih serius.

doktersehat-anak-flu-pilek-sakit

Pakar kesehatan spesialis paru dr. Ni Nyoman Priantini menyebutkan bahwa Infeksi Saluran Pernafasan Atas atau ISPA memang cenderung kerap diderita oleh anak. Hal ini disebabkan oleh mudahnya virus dan bakteri penyebab penyakit ini menyebar di udara. Padahal, banyak anak yang suka bermain di luar rumah atau bermain bersama dengan temannya yang sudah terkena penyakit pernafasan ini. Jika temannya ini bersin atau batuk-batuk di depan anak, maka virus dan bakteri penyebab masalah pernafasan ini tentu akan bisa masuk ke dalam tubuh anak dan pada akhirnya membuatnya tertular.

Salah satu virus yang patut diwaspadai bagi kesehatan anak adalah adenovirus. Jika virus ini masuk ke dalam tubuh, maka gejala awal yang akan dirasakan oleh anak mirip seperti pilek biasa. Padahal, jika tidak ditangani dengan baik, bisa jadi virus ini akhirnya memicu masalah bronchitis atau pneumonia yang sangat berbahaya dan bisa mematikan. Tak hanya itu, ada pula jenis rhinovirus yang juga bisa menyebabkan pilek pada anak kecil atau orang dewasa yang sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Virus ini bisa menyebabkan masalah ISPA yang serius jika tidak segera ditangani dengan baik.

Dalam beberapa kasus, masalah kesehatan yang mirip dengan pilek pada anak seperti pneumokokus ternyata bisa berubah menjadi meningitis. Mengingat reputasi penyakit ini sangat berbahaya, ada baiknya kita tentu segera memeriksakan kondisi kesehatan anak jika mulai mengalami gejala seperti pilek agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.