Jangan Anggap Remeh jika Sering Deg-Degan!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Doktersehat.com – Saat merasa khawatir, gugup, atau terkejut wajar saja bila jantung berdetak lebih kencang. Hal ini disebabkan kondisi tersebut memicu jantung untuk memompa lebih kencang ketimbang biasanya. Namun, waspadalah jika merasa jantung sering berdetak lebih kencang atau deg-degan tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini bisa jadi merupakan gangguan irama jantung.

Penyakit jantung yang serius biasanya diawali dengan munculnya gangguan irama jantung yang disebabkan terjadinyakekacauan sinyal listrik yang notabene berfungsi menstimulus otot jantung untuk memompa dengan teratur.

Gangguan ini bisa menyebabkan stroke akibat terjadinya turbulensi atau darah mengalir dengan tidak semestinya.

Jantung manusia normalnya berdetak sebanyak 60 -100 kali per menit. Detak jantung tidak normal bila kurang dari 60 detak er menit atau lebih dari 100 detak per menit.

Gangguan ini membuat penderitanya menjadi mudah lelah, lemas, pingsan, bahkan bisa menyebabkan sudden cardiac death atau kematian mendadak akibat serangan jantung.

Umumnya penderita sudden cardiac death yang diakibatkan gangguan irama jantung hanya memiliki tingkat kelangsungan hidup sekitar 1 – 5persen saja.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan irama jantung, yakni jarang berolahraga, pola makan tidak sehat, kolesterol tinggi, dan hipertensi.

Gangguan ini bisa ditangani dengan cara Alasi dan Elektrofisiologi. Dengan cara ini dokter akan mencari bagian jantung yang mengalami gangguan dengan memanfaatkan teknologi semacam GPS. Setelah ditemukan, daerah tersebut akan dihancurkan dengan gelombang radiofrekuensi.

Sumber: detik.com

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Febri

    Dok,saya mau tanya akhir2 ini saya sering deg degan tanpa beraktivitas apa-apa pun kadang tiba2 deg degan.tp itu berlangsung sebentar tdk lama.sebelum2x saya blm pernah begini.trimakasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      bolehkan saya bertanya : usia bapak? apakah ada nyeri dada? berdebar-debar berapa lama? bagaimana pola konsumsi kopi maupun teh setiap harinya?
      mohon konfirmasinya
      terimakasih

  2. fajar

    dok saya mau tanya , kenapa ya saya sering deg deg an yang gak wajar , padahal sedang tidak beraktifitas ?

  3. che

    Dok,saya mu tanya,belakangan ini saya sering deg”an..kdg saya baru berdiri dari duduk atau baru bangun dr tidur atau sebaliknya baru duduk dari berdiri atau baru tiduran dari posisi duduk..dan saya jg sering mual hingga muntah..dan sering tangan saya gemetar dan badan lemas serasa akan pinsan..umur saya 29 tahun..saya kadang” konsumsi cappuccino..tapi makan saya teratur..kira” knapa y itu Dok?

  4. Ayrint Rismawant

    Selamat sore dok,
    Saya mau tanya, setiap x saya mendengar ataupun mendapati sikap yang kasar ataupun. Situasi yang diluar dugaan dada saya langsung berdetak kencang seolah saya baru berlarian jarak jauh, bahkan badan saya gemetar di sertai panas dingin, menurut dokter itu suatu penyakit atau karena memang semua yang saya rasa itu awalnya dari fikiran saja dok…terima kasih sebelumnya

Leave a Comment