Jangan Anggap Remeh jika Sering Deg-Degan!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Doktersehat.com – Saat merasa khawatir, gugup, atau terkejut wajar saja bila jantung berdetak lebih kencang. Hal ini disebabkan kondisi tersebut memicu jantung untuk memompa lebih kencang ketimbang biasanya. Namun, waspadalah jika merasa jantung sering berdetak lebih kencang atau deg-degan tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini bisa jadi merupakan gangguan irama jantung.

Penyakit jantung yang serius biasanya diawali dengan munculnya gangguan irama jantung yang disebabkan terjadinyakekacauan sinyal listrik yang notabene berfungsi menstimulus otot jantung untuk memompa dengan teratur.

Gangguan ini bisa menyebabkan stroke akibat terjadinya turbulensi atau darah mengalir dengan tidak semestinya.

Jantung manusia normalnya berdetak sebanyak 60 -100 kali per menit. Detak jantung tidak normal bila kurang dari 60 detak er menit atau lebih dari 100 detak per menit.

Gangguan ini membuat penderitanya menjadi mudah lelah, lemas, pingsan, bahkan bisa menyebabkan sudden cardiac death atau kematian mendadak akibat serangan jantung.

Umumnya penderita sudden cardiac death yang diakibatkan gangguan irama jantung hanya memiliki tingkat kelangsungan hidup sekitar 1 – 5persen saja.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan irama jantung, yakni jarang berolahraga, pola makan tidak sehat, kolesterol tinggi, dan hipertensi.

Gangguan ini bisa ditangani dengan cara Alasi dan Elektrofisiologi. Dengan cara ini dokter akan mencari bagian jantung yang mengalami gangguan dengan memanfaatkan teknologi semacam GPS. Setelah ditemukan, daerah tersebut akan dihancurkan dengan gelombang radiofrekuensi.

Sumber: detik.com

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. elma

    Dok saya masih umur 16th saya udaj ngerasain beberapa hari ini degdegan tanpa sbab perasaan cemas kdg sesak nafas juga, terimakasih dok.

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam ibu,
      Terimakasih bapak/ ibu telah mengirimkan pertanyaan, untuk konsultasi harap melalui fitur konsultasi kami di: http://doktersehat.com/tanya-dokter/
      Hal ini supaya kami dapat menjaga privasi anda dan menjawab anda dengan lebih baik.

      apakah ada masalah yang sedang anda alami atau ada pikiran yang mengganggu anda?
      anda bisa menceritakannya
      terimakasih

  2. Dr. Yulia Evita

    selamat malam ibu,
    Terimakasih bapak/ ibu telah mengirimkan pertanyaan, untuk konsultasi harap melalui fitur konsultasi kami di: http://doktersehat.com/tanya-dokter/
    Hal ini supaya kami dapat menjaga privasi anda dan menjawab anda dengan lebih baik.

    apakah ada masalah yang sedang anda alami atau ada pikiran yang mengganggu anda?
    anda bisa menceritakannya
    terimakasih

  3. Putri

    malam dok, umur saya 17 th . Dok saya mau nanya . Kenapa ya kok jantung saya sering banget deg degan, padahal saya ga lagi mikirin apa2 . Entah lagi diam ataupun lagi shalat. Tapi paling sering ketika sedang shalat , jantung saya berdegup dengan kencang dan cepat. Awalnya saya mengira kalo itu hanya perasaan yg gaenak. Tapi setelah saya share di google bukan itu jawabannya . Sampe2 saya menghitung detak jantung saya selama 1 menit dan hasilnya 120 . Saya amat bingung. Tolong jawabannya ya dok. Terimakasih.

  4. dr. Vanny Bernadus

    @Putri
    Apakah ada sesak atau nyeri dada dan menjalar ke dagu atau lengan kiri?
    Pada saat sholat, ada gerakan2 yg bisa membuat detak jantung berdenyut lebih cepat.

    namun bila sangat mengganggu, sebaiknya periksakan langsung ke dokter. Trims

  5. namakumia

    malam dok, sya sering merasakan sakit di bagian dada sampai tangan , apa itu gejala sakit jantung ya?
    trims

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam namakumia
      maaf berapa usia anda? apakah anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi?

      apakah nyeri dada bertambah berat dengan melakukan aktivitas fisik?
      apakah nyeri dada terasa seperti tertindih beban berat?
      apakah disertai dengan sesak nafas?
      terima kasih

  6. Mr x

    Saya laki laki umur 23 tahun dok,, berat badan saya 95 , semenjak 1 bulan ini saya juga sering merasakan jantung berdebar disertai rasa cemas, saya takut kalo saya menderita penyakit jantung, saat istirahat terkadang saya hitung detak jantung saya 60 terkadang juga 80 permenit,,, kira kira penyakit apa yg saya derita,, saya merasa cemas dengan semua ini, trim dok

  7. dr. Vanny Bernadus

    Detak jantung normal 80-100x permenit saat istirahat. Dan akan mengalami peningkatan saat beraktivitas. Menurur kami, yg anda alami adalah hal normal..trims

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *