Jangan Aktifkan Email di Ponsel Jika Anda Tidak Ingin Masalah Kesehatan Berikut

DokterSehat.Com – Perkembangan teknologi memang akan sangat membantu kita untuk mengakses berbagai hal dari berupa informasi di tempat yang jauh dalam waktu yang cepat, hingga mengecek kondisi pekerjaan bahkan saat kita masih bersantai di dalam rumah. Karena alasan inilah banyak orang yang sengaja mengaktifkan fitur emailnya pada ponsel agar tidak ketinggalan informasi terbaru akan pekerjaannya. Meskipun terlihat praktis, kegiatan ini ternyata sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika hal ini akan membuat kita mengalami masalah kelelahan emosional serta kecemasan secara berlebihan/

doktersehat-gadget-handphone-media-sosial

Sebuah penelitian dilakukan di Amerika Serikat dan melibatkan 297 orang dewasa yang sudah bekerja dan memakai email sebagai fitur yang membantu pekerjaan mereka. Dari penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang masih mendapatkan informasi email di luar jam kerja atau saat di rumah akan cenderung mengalami kecemasan berlebihan dan mengeluhkan rasa kelelahan kerja yang luar biasa. Kebanyakan dari mereka akan mendapati produktivitasnya menurun drastis dan pencapaian targetnya pun cenderung rendah.

Alih-alih membantu mobilitas dan pembagian informasi, email pada ponsel pada akhirnya justru akan membuat psikologis manusia, khususnya para pekerja terganggu. Hal ini bukan disebabkan oleh seberapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengecek email di luar jam kerja, namun justru lebih kaerna tingkat kecemasan yang muncul dan pikiran yang tidak bisa rileks dan melakukan pemulihan setelah jam kerja.

Tanpa disadari, mereka yang masih mendapatkan email pada ponsel akan berada dalam “mode bekerja” setiap saat sehingga psikologis mereka tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini akan berimbas langsung pada penurunan kinerja secara signifikan. Seharusnya, semua hal tentang dunia pekerjaan harus dilepas begitu keluar dari tempat kerja dan pikiran harus lebih rileks sehingga kita pun akan tetap dalam kondisi yang sehat baik itu secara psikis maupun psikologis.