Jangan Abaikan Telinga yang Berdenging

DokterSehat.Com – Telinga menjadi salah satu indra tubuh yang harus dijaga, seperti bagian tubuh lainnya. Fungsinya yang sangat penting sebagai indera pendengar memiliki sifat yang sangat sensitif jika terjadi suatu gangguan. Sebagian besar dari permasalahan yang terjadi pada telinga adalah berdenging yang terjadi secara tiba-tiba. Tentunya hal ini cukup menggangu aktivitas keseharian, karena membuat pendengaran menjadi cukup terganggu.

shutterstock_328176542 copy

Dalam istilah kedokteran, kondisi telinga yang berdenging ini dinamakan Tinnitus. Istilah tinnitus memiliki arti suara yang terdengar oleh telinga tidak memiliki sumber dari luar. Biasanya tidak hanya bunyi ‘nging’ atau ‘ngung’, namun terkadang muncul bunyi, desis, menderu, hingga bunyi seperti jeritan.

Adanya gangguan tinnitus bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya noise-induced hearing loss. Penyebab ini bisa diakibatkan oleh suara ledakan atau sirine yang sangat keras dan cukup dekat dengan posisi telinga, sehingga berdampak pada telinga yang berdenging. Tak hanya itu, dengingan yang timbul juga bisa pula diakibatkan oleh faktor internal, seperti adanya infeksi, kelainan pada pembuluh darah, terpapar oleh obat-obat yang kurang/tidak sesuai, hingga cedera pada bagian kepala. Jika didiganosa penyebabnya adalah faktor internal tersebut, maka dengingan akan hilang jika penyebab atau sumber dengingan tersebut diatasi.

Dengingan yang terjadi pada telinga bisa bersifat sementara atau pun permanen, tentunya bergantunga pada tingkat kerusakan yang terjadi apda telinga. Untuk memastikan kondisi telinga lebih akurat, serta mengetahui penyebab tinnitus khususnya yang terjadi dalam waktu yang lama, serta disebabkan oleh faktor internal, maka dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis THT. Bahkan untuk diagnosa yang lebih tepat, bisa dilakukan rontgent pada telinga. Jika hasilnya dengingan yang muncul diakibatkan oleh saraf, maka tidak akan bisa hilang dengan sendirinya. Sehingga dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.