Jangan Abaikan Penyakit Sinusitis Bisa Menyebabkan Tumor

DokterSehat.Com – Penyakit sinusitis kerap kali dianggap sebagai penyakit flu biasa. Gejala dari penyakit ini pun hanya berupa pilek, sakit kepala, dan rasa nyeri yang biasa terjadi pada flu biasa. Sayangnya, dikarenakan gejala yang seakan-akan sepele ini, banyak penderita sinusitis yang tidak menyadari jika dirinya terkena penyakit sinusitis. Bahkan, banyak penderita sinusitis yang tidak menangani penyakit ini dengan sungguh-sungguh padahal penyakit ini haruslah ditangani dengan benar karena berkaitan langsung dengan saluran pernafasan.

doktersehat-sakit-flu

Sinusitis sendiri bisa dibagi menjadi empat jenis sesuai dengan tempat terjadinya peradangan di dalam rongga sinus atau area didalam tulang hidung. Sinusitis pertama adalah sinusitis maksilaris yang biasanya diketahui dengan rasa nyeri di area bawah mata dan tulang pipi. Sinusitis berikutnya adalah sinusitis frontalis yang biasanya bisa diketahui dari rasa nyeri yang menyebar di area dahi dan bagian depan kepala. Dalam beberapa kasus, rasa nyeri bahkan bisa merambat ke sulurh kepala. Sinusitis etmoidalis bisa diketahui dengan adanya rasa nyeri pada area belakang mata, pelipis, dan juga area pangkal dari hidung. Yang terakhir adalah sinusitis sfenoidalis yang ditandai dengan rasa nyeri pada belakang mata dan ke arah telinga.

Sinusitis bisa disebabkan oleh infeksi kuman atau bahkan karena alergi dan kondisi hidung yang cenderung terlalu peka dengan kondisi sekitar. Tahukah anda, hidung yang terlalu peka dengan parfum, debu, hingga udara dingin ternyata bisa menyebabkan sinusitis. Biasanya, sinusitis yang disebabkan oleh infeksi kuman termasuk dalam sinusitis yang ringan dan bisa diobati dengan antibiotik dan obat-obatan. Hanya saja, infeksi yang disebabkan oleh alergi atau kepekaan hidung yang berlebihan ternyata cukup sulit disembuhkan karena bisa saja kambuh jika penderitanya mengalami stress, rasa lelah, tidak fit, atau bahkan sekadar terkena debu di luar ruangan.

Baca Juga:  Wanita Bisa Berusia Semakin Panjang Jika Rajin Membersihkan Rumah

Jika sinusitis dibiarkan begitu saja, maka kondisi dalam rongga hidung bisa memburuk dan jika ada bakteri yang menyerang jaringan sinus, maka hidung pun akan berlendir dengan jumlah yang sangat banyak terus menerus dan bisa menyebabkan peradangan. Dalam beberapa kasus, pembiaran sinusitis bahkan bisa mengarah ke pembentukan tumor. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, jika anda mengalami gejala sinusitis, anda harus segera memeriksakan kondisi anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sehingga penyakit sinusitis pun akan dapat segera disembuhkan.