Jangan Abaikan Gejala Penting Penyakit Jantung Ini!

DokterSehat.Com– Sebagian orang berpendapat bahwa penyakit jantung adalah silent killer karena penyakit satu ini dianggap tidak menunjukkan gejala-gejala yang serius. Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pada kenyataannya, gejala penyakit jantung yang muncul seringkali diabaikan oleh para penderitanya, terutama bila penderitanya adalah orang yang aktif dan sibuk beraktivitas setiap hari.

doktersehat-sakit-paru-dada-jantung

Ada banyak gejala penyakit jantung yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi pada Anda berikut ini tentu patut mendapat pengawasan intensif.

Rasa sakit pada dada
Rasa sakit pada dada tidak hanya bisa menyerang bagian jantung saja, namun juga bisa dirasakan pada bagian dada yang lain. Rasa sulit bernapas, tarikan napas yang pendek, perasaan tidak nyaman atau merasa dada seperti ditindih sesuatu yang berat haruslah diwaspadai sebagai gejala penyakit jantung  yang serius.

Detak jantung tidak teratur (palpitasi)
Palpitasi adalah istilah yang menjelaskan kondisi ketidakteraturan detak jantung. Lompatan detak jantung kerap dirasakan oleh seseorang yang mengalami penyakit jantung. Gejalanya mungkin terasa agak samar, dengan detak jantung yang melambat atau tiba-tiba berubah jadi berdegup cepat tanpa irama yang stabil.

Mudah lelah dan mengantuk di siang hari
Kondisi tubuh yang mudah lelah dan mengantuk di siang hari bisa menjadi isyarat bahwa jantung tidak bekerja secara maksimal. Kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi menuju otak bisa membuat otak mengirimkan sinyal mengantuk demi menghemat persediaan energi dalam tubuh.

Ketika Anda atau orang-orang terdekat mengalami ketiga gejala tersebut, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter. Akan lebih baik lagi jika Anda selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin walaupun Anda tidak mengalami gejala-gejala penyakit tertentu. Tindakan pencegahan tentu jauh lebih baik daripada mengobati penyakit yang sudah memasuki tahap kronis.

Baca Juga:  Aktor Senior Cheppy Chandra Tutup Usia

Bantu cegah penyakit jantung anda dengan Tropicana Slim Low Fat, gunakan kode BEBASLEMAK untuk dapatkan promo discount 15% untuk 3 pcs Tropicana Slim Low Fat

Sumber:
webmd
verywell