Jangan Abaikan 5 Sumber Gula Tersembunyi dalam Makanan Ini

DokterSehat.Com– Gula sebanyak 68 persen ditambahkan pada makanan kemasan dan minuman di Amerika Serikat, banyak yang bahkan tidak terasa manis. Jadi jika Anda ingin mengurangi gula dalam makanan Anda, mengingat produk ini adalah langkah awal yang mudah. Berikut adalah beberapa tempat gula yang biasanya disembunyikan, seperti dikutip dari CookingLight, Rabu (3/1/2017).

susu-nabati-doktersehat

Photo Credit: Flickr.com/Angelica Bair

1. Susu nabati
Kebanyakan almond, kelapa, kedelai, dan susu nabati lainnya mengandung 2 sampai 5 gram gula total per porsi. Konon, ditemukan susu almond yang mengandung 15 gram. Carilah varietas yang diberi label “tanpa pemanis.”

doktersehat-kacang-selai

2. Kacang mentega
Beberapa selai kacang mengandung sebanyak satu sendok teh gula per porsi 2 sendok makan selai kacang. Carilah produk kacang utuh sebagai bahan, atau mungkin kacang olahan dengan garam dan minyak. Butiran kacang dengan perasa hampir selalu mengandung tambahan gula.

doktersehat-alergi-daging

pic credit: matt biddulph

3. Daging babi asap
Kebanyakan bacon atau daging babi olahan telah menambahkan gula karena meningkatkan rasa pada makanan yang tanpa menggunakan garam. Tapi beberapa perusahaan sedang membuat bacon tanpa gula.

4. Saus tomat
Meskipun kebanyakan saus barbeque dan kecap telah ditambahkan gula, tidak semua gula yang tercantum dalam fakta gizi ditambahkan, karena tomat mengandung gula alami. Bandingkan daftar bahan dan pilih satu produk tanpa gula.

5. Kaldu ayam
Sejumlah kaldu ayam mengandung gula tambahan yang tidak perlu. Untungnya, ada banyak merek yang bisa dipilih dari daftar itu, jadi bacalah daftar bahan dan pilih produk yang tidak mengandung gula tambahan.