Jamur Tiram, Makanan Sehat yang Lezat

DokterSehat.Com – Jamur tiram dikenal luas sebagai makanan yang nikmat dikonsumsi sebagai lauk. Uniknya, pakar kesehatan menyebutkan jika jamur tiram ternyata memiliki nilai gizi yang cukup tinggi sehingga sangat disarankan untuk sering dikonsumsi. Jamur tiram yang memiliki nama latin oyster mushroom ini sendiri bisa kita olah menjadi berbagai macam tumisan, sup, atau bahkan gorengan. Apa sajakah sebenarnya khasiat dari mengkonsumsi jamur tiram?

doktersehat-jamur-tiram-oyster-mushroom

Pakar kesehatan menyebutkan jika jamur tiram bisa digunakan untuk mengatasi masalah infeksi, diabetes, kanker, atau bahkan hiperlipidemia. Banyak penelitian yang menunjukkan jika jamur tiram adalah makanan yang bisa melawan tumor hingga memperkuat sistem imun tubuh kita. Salah satu kandungan yang ada pada jamur adalah lovastatin. Kandungan ini dipercaya akan sangat baik bagi tubuh kita mengingat kemampuannya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kandungan lainnya dari jamur tiram adalah peptide. Zat peptide ini akan sangat baik dalam mendukung tubuh melawan jamur berbahaya layaknya fusaerium dan oxysporum yang memiliki potensi besar dalam menyebabkan infeksi dan penyakit pada manusia. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang melibatkan anak-anak yang terkena infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) sebagai partisipan. Hasilnya adalah, konsumsi jamur tiram bisa meredakan masalah pernafasan ini. Selain itu, berbagai masalah alergi juga bisa diatasi sebagaimana kemampuan jamur tiram lainnya layaknya menurunkan kadar gula darah dan membuat kadar insulin meningkat. Hal ini tentu adalah kabar baik bagi penderita diabetes tipe 2 yang harus menjaga pola makannya menjadi lebih sehat.

Meskipun diketahui sangat menyehatkan, konsumsi jamur tiram juga harus dilakukan dengan hati-hati. Banyak orang yang alergi pada makanan ini sehingga kita tentu harus berhati-hati saat mengolahnya. Selebihnya, kita bisa menjadikan jamur tiram sebagai makanan yang nikmat sekaligus sehat.