Jamur Kuku – Penyebab dan Gejala

Jamur kuku adalah infeksi yang dapat meretakkan seluruh kuku atau melukai kulit Anda. Jamur kuku dapat mengubat warna atau menebalkan kuku Anda. Selain itu, jamur pada kuku juga menyakitkan. Seringkali terjadi pada kuku kaki karena kuku kaki seringkali hangat dan lembab, maka jamur suka untuk tumbuh di sana. Jenis jamur yang berbeda dapat menyerang bagian kuku yang berbeda pula. Jika dibiarkan tidak ditangani, infeksi dapat menyebar ke kulit, kuku jari yang lain, bahkan ke jari tangan.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu

Gejala
Kuku yang terinfeksi biasanya lebih tebal daripada normal dan bisa melengkung atau berbentuk aneh. Kuku juga dapat mudah pecah. Kuku dengan jamur mungkin terlihat kuning. Kadang-kadang titik putih muncul di kuku dan kemudian akan lebih besar. Ketika jamur tumbuh di bawah kuku, kuku dapat longgar dan bahkan terpisah dari kulit di bawahnya. Jamur juga dapat menyebar ke kulit di sekitar kuku Anda.

Siapa yang bisa terkena jamur kuku?
Pria lebih mungkin untuk mengalaminya daripada wanita. Semakin tua, semakin besar kesempatan untuk terkena. Orang yang memiliki diabetes, kaki atlet, atau sistem kekebalan tubuh lemah, yang merokok, atau yang anggota keluarganya pernah mengalaminya juga pada risiko yang lebih tinggi. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalam air atau Anda telah terkena luka pada kuku Anda, peluang Anda untuk mendapatkan jamur kuku lebih besar.

Diagnosis
Karena jamur kuku dapat terlihat seperti kondisi penyakit yang lain, termasuk psoriasis, Anda perlu diperiksa oleh dokter. Anda mungkin perlu untuk mengunjungi spesialis kulit, jika ada yang khusus kaki (podiatrist) atau kulit (dokter kulit). Mereka mungkin mengikis dari beberapa bagian yang terkena dan mengirimkannya ke laboratorium untuk mencari tahu apa yang menyebabkan masalah.