informasi kesehatan


Jamur Kuku, Bercak Putih atau Kuning Pada Kuku

Jamur Kuku, Bercak Putih atau Kuning Pada Kuku

DokterSehat.com – Jamur kuku adalah infeksi jamur pada satu atau lebih dari kuku. Infeksi jamur kuku mungkin mulai sebagai bercak putih atau kuning di bawah kuku atau ujung kuku. Jamur kuku dapat menyebar lebih dalam pada kuku, dapat menyebabkan kuku menghitam, menebal, dan bagian tepinya hancur, serta dapat menyakitkan.

Infeksi jamur kuku dapat sulit untuk diobati dan dapat kambuh. Tetapi tersedia obat untuk membantu membersihkan jamur kuku.

Penyebab :

Infeksi jamur kuku biasanya disebabkan oleh jamur yang termasuk dalam kelompok jamur dermatofit. Tetapi jenis jamur lain juga dapat bertanggung jawab untuk infeksi jamur kuku.

Gejala :

Ada klasifikasi yang berbeda dari jamur kuku tergantung pada jenis jamur yang mungkin memiliki tanda dan gejala yang agak berbeda. Infeksi jamur kuku juga disebut sebagai onikomikosis. Tanda dan gejala dari jamur kuku dapat berupa, antara lain:

  • Kuku rapuh atau mudah hancur
  • Bentuk kuku terdistorsi
  • Kuku kusam, tanpa kilau atau cerah
  • Berwarna lebih gelap

Kuku yang terinfeksi juga dapat terpisah dari alas kuku, suatu kondisi yang disebut onycholysis. Mungkin juga akan merasa nyeri pada jari-jari kaki atau ujung jari dan bau yang sedikit busuk dapat terdeteksi.

Pengobatan :

Jamur kuku dapat sulit untuk diobati, dan infeksi berulang sangat umum. Krim dan salep antijamur kuku yang dijual bebas, dapat menjadi tidak efektif. Untuk mengobati jamur kuku, dokter mungkin meresepkan obat antijamur oral.

Studi telah menunjukkan bahwa pengobatan yang paling efektif untuk mengatasi jamur kuku adalah terbinafine (Lamisil) dan itraconazole (Sporanox). Obat-obat tersebut membantu kuku baru tumbuh dan bebas dari infeksi, perlahan menggantikan bagian kuku yang terinfeksi.

Infeksi berulang sangat mungkin, terutama jika terus membiarkan kuku dalam kondisi yang pengap dan lembab. Obat antijamur dapat menyebabkan efek samping mulai dari ruam kulit dan kerusakan hati.

Pilihan pengobatan lain:

  • Antijamur lacquer – Jika memiliki infeksi jamur kuku ringan hingga sedang, dokter mungkin memilih untuk meresepkan cat kuku antijamur disebut ciclopirox (Penlac).
  • Obat topikal
  • Bedah -  Jika infeksi kuku parah atau sangat menyakitkan, dokter mungkin menyarankan untuk mengambil kuku dengan prosedur bedah. Kadang-kadang operasi digunakan dalam kombinasi dengan ciclopirox untuk mengobati kuku. Setelah kuku yang terinfeksi diambil, kuku baru dapat tumbuh meskipun agak lama.
  • Laser atau terapi photodynamic – Yaitu dengan menyinarkan cahaya yang kuat pada kuku setelah diobati dengan asam.

Sumber : detikhealth.com

pf button both Jamur Kuku, Bercak Putih atau Kuning Pada Kuku
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

4 Responses to “Jamur Kuku, Bercak Putih atau Kuning Pada Kuku”

  1. Udeng Daman says:

    Terima kassih ,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

  2. tyan prasetyo says:

    maw tnya pha pnyakit ni berbahaya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

    • dr. Dian says:

      @tyan,
      penyakit ini tidak berbahaya, tetapi sebaiknya segera diobati dg benar supaya jamur tidak semakin membesar. Selain itu, jamur dapat juga tumbuh di rambut dan menyebabkan kerontokan.

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. askamustika says:

    aku mau tanya,emang bener dapat sembuh dengan sempurna?.sedangkan aku sudah bertahun-tahun tidak sembuh-sembuh.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0