Jam 3 Sore Adalah Waktu Terbaik Untuk Tidur Siang

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun hanya sebentar, melakukan tidur siang bisa memberikan cukup banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, apalagi jika kita memang kurang tidur di malam hari. Dengan melakukannya, maka kita bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Kita pun bisa kembali mendapatkan konsentrasi dan fokus yang sempat hilang sehingga akhirnya menjadi lebih kreatif dan produktif.



Sebuah penelitian dilakukan oleh Sleep Council yang ada di Inggris untuk mengetahui waktu terbaik untuk melakukan tidur siang. Hasilnya adalah, waktu terbaik untuk melakukannya ternyata pada jam 15:00 sore. Pada jam ini, tubuh berada dalam jam biologis yang membuat kondisinya cenderung menurun. Hal ini membuat kita lebih mengantuk dan kurang waspada. Daripada memaksakan diri untuk terus melakukan kegiatan, ada baiknya kita menuruti keinginan tubuh dan segera melakukan tidur siang.

Tak harus melakukannya lama-lama. Melakukannya selama 20 hingga 30 menit saja sudah cukup untuk membuat kita kembali segar dan bugar. Jika kita melakukannya lebih dari 30 menit, bisa jadi kita akan mengalami kondisi sleep inertia atau tidur yang dalam dan membuat kita terbangun dalam kondisi lebih pening dan kebingungan.

Tak hanya meneliti tidur siang, Sleep Council di Inggris juga meneliti kebiasaan tidur masyarakat Negeri Ratu Elizabeth ini. Hasilnya adalah sekitar 75 persen masyarakat Inggris tidur kurang dari 7 jam setiap malamnya. Bahkan, jumlah orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam naik dari 7 persen hingga 12 persen dari seluruh total populasi. Yang menjadi masalah adalah, kurang tidur bisa berimbas buruk bagi kesehatan tubuh, menurunnya sistem kekebalan tubuh, menurunnya konsentrasi dan membuat suasana hati menjadi kacau.

Yang tidak disangka adalah, salah satu penyebab dari masalah kurang tidur ini ternyata adalah tidur siang yang terlalu lama yang membuat banyak orang tidak kunjung mengantuk di malam hari dan akhirnya memutuskan untuk melakukan banyak aktifitas.