Jalan Kaki Tiap Hari Cegah Kanker Payudara

DokterSehat.com – Kanker payudara adalah salah satu momok penyakit paling menakutkan dan mematikan bagi sebagian besar wanita di seluruh dunia. Kanker payudara masih berada diantara deretan penyakit-penyakit mematikan yang bisa menyergap tanpa terdeteksi jauh-jauh hari. Adakah cara riangan untuk mengjindari penyakit mengerikan tersebut?



Salah satu riset terbaru yang diadakan di Amerika Serikat mendapati temuan baru bahwa kegiatan jalan kaki setiap hari ternyata efektif mencegah kanker payudara. Menurut para pakar perwakilan dari American Cancer Society dari Atlanta, berjalan kaki selama satu jam sehari mampu menurunkan risiko penyakit kanker payudara sebanyak 14 % untuk wanita berusia lima puluh tahun dan usia-usia diatas lima puluh tahun .

Hasil dari studi tersebut ternyata tidak hanya berlaku untuk wanita dengan usia 50 tahun atau lebih saja. Aktivitas olahraga yang lebih berat seperti main tenis, aerobik, berenang, dan jogging juga ternyata efektif untuk menjaga para wanita muda dari serangan keganasan penyakit kanker payudara. Apabila Anda rutin menjalankan aktivitas latihan tersebut sekitar 1 jam dalam sehari hari, maka risiko terjangkit penyakit kanker payudara dapat menurun sampai pada prosentase 25 %.

Hal tersebut semakin menguatkan bahwa kegiatan olahraga tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun juga dapat menjadi upaya preventif bagi kaum wanita untuk menjauhi risiko serangan kanker payudara. Kesehatan Anda meruapkan aset yang tak ternilai harganya, maka jangan lagi menomorsatukan rasa malas atau tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Yuk rutin berolahraga dari sekarang!