Jalan Kaki, Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah

DokterSehat.Com – Karena gerakannya yang sederhana, banyak orang yang berpikir jika berjalan kaki sama sekali tidak bisa dianggap sebagai salah satu jenis olahraga. Padalah, dalam realitanya, berjalan kaki adalah salah satu olahraga paling sederhana yang bisa memiliki dampak positif sangat besar bagi tubuh. Pakar kesehatan Glenn Gaesser bahkan menyebutkan jika ada banyak sekali manfaat dari rutin melakukan olahraga berjalan kaki, salah satunya adalah dengan menurunkan kadar gula dalam darah.

doktersehat-kanker-tulang-treadmill-baik-turunkan-kadar-gula

Glenn menyebutkan jika ada sebuah penelitian yang dilangsungkan di School of Nutrition and Health Promotion of Arizona State University yang melibatkan Sembilan partisipan yang semuanya adalah penderita obesitas dengan usia dewasa. Dari penelitian ini, diketahui bahwa kebanyakan orang yang banyak duduk-duduk saja sambil bekerja di kantor akan sangat kurang baik bagi kesehatan dan ada baiknya mulai berdiri, berjalan kaki, atau bahkan bersepeda santai dengan rutin agar bisa mendapatkan kondisi kesehatan tubuh yang jauh lebih baik.

Para partisipan dalam penelitian diketahui terus dicek kondisi tekanan darah dan kadar gula darahnya selama mereka bekerja dengan posisi duduk setiap hari di jam kerja. Setelah seminggu, para partisipan ini diminta untuk menyempatkan diri untuk berdiri selama 10 hingga 30 menit setiap dua setengah jam setiap harinya. Setelah itu, para partisipan diminta untuk berjalan di atas treadmill selama 1 mil setiap jamnya pada minggu berikutnya, dan di minggu terakhir, para partisipan akhirnya diminta untuk bersepeda saat menuju atau pulang dari kantor.

Setelah satu bulan, diketahui bahwa kadar gula darah para partisipan jauh menurun saat mereka mulai kerap berdiri dan berjalan. Bahkan, andai mereka mau menyempatkan diri bersepeda, kadar gula darah ini menjadi lebih rendah. Hal ini berarti, andai kita ingin menjaga tubuh agar terbebas dari masalah kadar gula darah. Ada baiknya kita mulai rutin berjalan kaki atau olahrag ringan lainnya.