Jalan Kaki, Cara Alami Melindungi Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika berlari adalah salah satu olahraga yang bisa membuat kesehatan jantung kita lebih terlindungi. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tak hanya berlari, berjalan kaki juga bisa memberikan manfaat yang sama. Bagaimana cara olahraga yang sederhana ini bisa melindungi kesehatan jantung kita?

doktersehat-jalan-kerja-sehat

Sebuah penelitian dilakukan di Inggris dan menghasilkan fakta menarik dimana berjalan kaki bisa menjadi aktifitas yang paling mudah untuk kita lakukan jika ingin menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan efektif. Penelitian yang melibatkan 111 pekerja kantoran dan juga para kurir pos ini dilakukan dalam seminggu untuk mengetahui bagaimana perbedaan aktifitas dalam kedua pekerjaan ini bisa mempengaruhi kinerja jantungnya.

Hasil dari penelitian ini adalah, para pekerja kantoran yang cenderung hanya duduk seharian ternyata memiliki ukuran lingkar pinggang yang lebih lebar jika dibandingkan dengan para kurir pos yang setiap harinya bisa berjalan kaki hingga 15 ribu langkah. Bahkan, tercatat bahwa para kurir pos ini bisa berjalan hingga 11 atau 12 kilometer setiap harinya.

Tak hanya menurunkan lingkar pinggang, para kurir pos yang aktif bergerak ini ternyata bisa membuat kinerja jantung mereka menjadi lebih baik sekaligus menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan signifikan. Sebaliknya, dalam penelitian ini, diketahui bahwa 30 persen dari mereka yang jarang bergerak sehari-hari akan memiliki resiko besar untuk meninggal dunia pada usia dewasa muda.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk setidaknya berjalan kaki atau melakukan olahraga lainnya sekali dalam dua hari. Hanya saja, agar bisa mendapatkan perlindungan lebih baik bagi kesehatan jantung, ada baiknya kita kerap melakukan aktifitas dengan berjalan kaki setiap hari alih-alih terlalu sering menggunakan kendaraan pribadi.