Jalan Cepat Ternyata Lebih Efektif Menjaga Berat Badan Daripada Pergi ke Gym

DokterSehat.Com – Untuk menjaga berat badannya tetap ideal dan tetap bugar, banyak orang yang memilih untuk pergi ke gym atau pusat kebugaran. Di dalam gym, mereka bisa memilih berbagai peralatan olahraga yang bisa mereka pakai untuk menjaga berat badannya. Namun, tahukah anda, dari penelitian terbaru yang dilakukan oleh London School of Ecomomics dan dipimpin oleh dr. Grace Lordan, diketahui fakta bahwa melakukan jalan cepat ternyata akan jauh lebih efektif untuk mendapatkan berat badan ideal jika dibandingkan dengan melakukan olahraga di gym. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Dr. Grace Lordan menyebutkan jika penelitian ini membandingkan hasil dari mereka yang rutin melakukan olahraga jalan cepat selama 90 menit dengan mereka yang melakukan aktifitas fisik yang cenderung berat layaknya olahraga di gym atau olahraga rugbi dalam rentang waktu yang sama. Dengan membandingkan lingkar pinggang dan juga BMI para partisipan penelitian, diketahui bahwa para partisipan yang melakukan olahraga jalan cepat justru lebih baik dalam mendapatkan ukuran lingkar pinggang yang ideal jika dibandingkan dengan mereka yang melakukan olahraga di gym.

Bahkan, menurut penelitian ini, baik pria maupun wanita dengan usia lebih dari 50 tahun yang rutin melakukan jalan cepat dengan durasi lebih dari 30 menit bisa lebih efektif menurunkan berat badan, menurunkan lingkar pinggang, serta mendapatkan indeks BMI yang lebih kecil daripada mereka yang berolahraga dengan intensitas lebih berat layaknya bersepeda.

Sebagaimana diketahui, olahraga jalan cepat termasuk dalam jenis olahraga yang sangat murah dan sangat mudah untuk dilakukan. Kita hanya cukup berjalan ke arah yang kita inginkan tanpa adanya rasa khawatir berlebihan dan asalkan dilakukan dengan benar dan rutin, maka kita pun akan mendapatkan manfaat berupa berat badan yang ideal dan badan yang tetap sehat dan bugar.