Jahe Bisa Meredakan Penyakit Asma

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit saluran pernafasan yang sangat mengganggu adalah asma. Bagaimana tidak, bagi penderita asma, kambuhnya penyakit ini bisa membuat mereka kesulitan bernafas sehingga berbagai aktifitas mereka pun akan terhambat. Memang, kini ada obat semprot yang bisa digunakan oleh para penderita asma andai penyakit ini kambuh, namun, kita ternyata bisa menggunakan jahe sebagai obat alami yang secara efektif mampu menyembuhkan asma. Bagaimanakah cara kita untuk menggunakan jahe ini?

doktersehat-sesak-nafas-asma

Pakar kesehatan yang berasal dari New Columbia University berhasil menemukan fakta menarik dimana jahe ternyata memiliki sifat alami yang mampu melegakan kondisi tabung bronkial yang menjadi ketat pada saat serangan asma muncul. Sebagai informasi, saat asma kambuh, tabung bronkial mengalami penyempitan sehingga aliran udara yang masuk dan keluar dari dan menuju paru-paru pun menjadi lebih terbatas. Dengan mengkonsumsi jahe yang dikombinasikan dengan beta-agonist, maka gejala asma yang sangat mengganggu pun bisa mereda. Selain itu, obat alami ini tentu tidak akan memberikan efek samping apapun bagi kesehatan.

Lantas, bagaimanakah cara untuk mengkonsumsi jahe yang bisa meredakan penyakit asma? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan kombinasi madu dan jahe karena kedua bahan alami ini mampu membersihkan saluran pernafasan dari berbagai lendir sekaligus menjaganya tetap lega dan sehat. Jahe juga dikenal luas mampu mengatasi munculnya saluran peradangan yang bisa memicu masalah pada saluran pernafasan.

Untuk membuat obat alami yang meredakan penyakit asma ini, kita tinggal merebus jahe yang sudah diparut di dalam air yang mendidih. Setelah didiamkan dan menjadi lebih hangat, air rebusan jahe ini tinggal dicampurkan dengan madu dan diaduk secara merata. Andai kita rutin mengkonsumsi minuman ini, asma pun akan berangsur-angsur sembuh dan aktivitas kita tak lagi terganggu.