Jahe, Bahan Alami Mencegah Kerontokan Rambut

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup meresahkan banyak orang adalah rambut rontok. Bagaimana tidak, ratusan helai rambut bisa jatuh setiap harinya sehingga membuat kita khawatir jika lama-lama rambut akan semakin menipis dan akhirnya memicu kebotakan. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika masalah kerontokan rambut kerap menyerang kaum hawa, khususnya yang memiliki rambut panjang. Penyebab dari masalah kerontokan rambut ini sendiri adalah rambut yang tidak sehat, kurang kuat, dan mudah patah.

doktersehat-kesehatan-rambut-bercabang

Jika anda termasuk dalam orang yang mengalami masalah rambut ini, anda bisa menggunakan produk perawatan rambut yang diperuntukkan untuk mengatasi masalah kerontokan. Hanya saja, jika anda ingin menggunakan bahan alami yang lebih aman karena khawatir jika bahan kimia justru akan membuat rambut semakin rusak, maka anda bisa menggunakan jahe yang ternyata juga cukup efektif mengatasi masalah kesehatan rambut ini.

Kita hanya membutuhkan jahe yang sudah dilembutkan atau dijadikan bubuk dan juga minyak wijen. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Setelahnya, kita hanya perlu mengoleskan campuran jahe dan minyak wijen ini pada seluruh rambut dan kulit kepala. Ada baiknya kita memijat rambut dan kulit kepala agar nutrisi bahan alami meresap hingga akar rambut. Diamkan selama beberapa saat dan setelahnya kita bisa membilas rambut dengan air hingga bersih.

Pakar kesehatan menyebutkan jika jahe dan minyak wijen ternyata bisa mengatasi masalah rambut kering dan kusam, serta ketombe. Nutrisi dari bahan alami ini juga akan membuat rambut menjadi semakin sehat dan membuat folikel rambut semakin kuat sehingga tidak mudah rusak. Tak hanya itu, sirkulasi darah pada kulit kepala juga akan menjadi semakin lancar sehingga rambut akan mendapatkan nutrisi dari dalam dan membuatnya semakin sehat.