Jagalah Kesehatan Jantung Sejak Dini

DokterSehat.Com – Seseorang yang memiliki jantung yang sehat, segala aktivitas akan dapat maksimal karena setiap organ tubuh dapat tersuplai darah dengan baik. Namun kurang sadarnya masyarakat menjaga jantung sehat sejak dini merupakan masalah utama di negara kita yang menyebabkan kita menjadi masyarakat komsumtif terhadap tindakan medis dikemudian harinya. Makanan tinggi lemak, alkohol dan merokok yang menjadi ciri khas bangsa kita sudah sangat mengakar dan mengambarkan betapa sulit kita untuk dapat merubah gaya hidup masyarakat yang salah untuk menuju masyarakat Indonesia yang sehat dan berkualitas. Gaya hidup yang sehat akan menggambarkan keteraturan dan keprihatian seseorang akan dirinya sendiri. Sekumpulan fakta menyebutkan seseorang yang memiliki gaya hidup yang tidak baik akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk kepeluan medis dan rendahnya waktu produktif daripada meraka yang menjaga hidupnya tetap sehat.

doktersehat-serangan-jantung-nyeri-dada

Sangat ironi jika seseorang merasa nyaman dengan kondisi gaya hidupnya yang salah. Kondisi modern saat ini seseorang sangat rentan stres. Stres tidak berarti harus seperti orang-orang yang berada di rumah sakit jiwa atau yang berada dijalanan, tetapi jika kita mengalami kejadian seperti kesulitan tidur, badan yang sering pegal-pegal, cepat lelah dan sulit konsentrasi, maka berhati-hatilah kita akan gejala-gejala stres.

Cara sederhana yang dapat kita lakukan dalam hal penangan stres adalah dengan beristirahat cukup. Istirahat dapat dilakukan dengan meluangkan waktu sejenak untuk membiarkan tubuh dalam kondisi rileks dan tenang. Meluangkan waktu tidak berarti minta istirahat lebih banyak dari pada bekerja produktif. Meluangkan waktu istirahat itu perlu dilakukan secara rutin diantara ketegangan jam sibuk bekerja sehari-hari. Beristirahat atau bersantai juga bukan berarti melakukan rekreasi yang melelahkan, tetapi yang dimaksudkan dengan istirahat yang berkualitas adalah usaha untuk mengembalikan stamina tubuh dan mengembalikan keseimbangan hormon dan dalam tubuh. Jika seseorang memiliki waktu istirahat yang berkualitas, maka untuk melakukan kerja selanjutnya orang tersebut akan dapat lebih bersemangat dan memiliki kekuatan yang lebih sehingga produktivitasnya dapat meningkat.

Baca Juga:  Benarkah Semakin Gemuk Seseorang, Semakin Mungkin Dirinya Menjadi Pelupa?

Cara sederhana lain yang penting menjadi bahan pertimbangan kita dalam menjaga kesehatan jantung manusia adalah memodifikasi diet yang sehat. Modifikasi diet atau pengaturan diet sangat penting dengan tujuan agar dapat mengatur asupan makanan sehat yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskuler. Tekanan darah dan penyakit kardiovaskuler merupakan etiologi utama bagi sebagian besar penyakit jantung. Secara sederhana ketika seseorang ingin mengatur diet tubuh secara bijak, ada empat macam diet untuk menanggulangi atau minimal mempertahankan keadaan tekanan darah, yakni diet rendah garam, diet rendah kolestrol, lemak terbatas serta tinggi serat, dan rendah kalori bila kelebihan berat badan.

Mulai sekarang biasakan diri untuk tetap hidup secara sehat dengan cara sederhana namun dapat mendatangkan manfaat yang berlipat ketika diaplikasikan secara benar. Hindari kegiatan merusak jantung kita seperti merokok dan meminum alkohol ataupun tidak memiliki pola makan yang baik. Mari kita jadikan cara sederhana untuk hidup berkualitas. Hal ini dapat membenarkan teori bahwa untuk hidup sehat tidak perlu mahal. Hanya butuh kemauan dari setiap individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas sederhana dan bermanfaat bagi tubuhnya sendiri.

Dengan menjaga kesehatan jantung, kita juga dapat berkontribusi bagi pembangunan negara di masa depan. Karena dengan hal kecil itulah sesuatu yang besar akan kita raih melalui proses yang kita tempuh bersama. Masa depan juga berawal dari kesehatan jantung kita.