Jaga Orang Tua Dari Masalah Depresi

DokterSehat.Com – Mengingat Hari Lanjut Usia yang baru saja kita lewati tanggal 29 Mei ini, kita tentu harus menyadari bahwa masih ada banyak sekali para lanjut usia yang belum mendapat perhatian yang cukup dari generasi muda, khususnya dari keluarganya. Padahal, pasa usia yang lanjut ini, banyak sekali sistem tubuh yang mengalami penurunan yang jika tidak disikapi dengan benar, tentu akan berdampak pada semakin menurunnya kondisi kesehatan. Menurut data dari WHO, selain kesehatan fisik. Para lanjut usia juga beresiko mengalami gangguan jiwa dimana 15 persen kasus gangguan jiwa pada lansia adalah depresi dan demensia.

doktersehat-hepatitis-puasa

Depresi pada kaum lanjut usia biasanya cenderung berbeda dengan depresi pada orang yang berusia lebih muda. Pada mereka yang masih di usia produktif atau bahkan lebih muda lagi, depresi lebih sering terjadi karena kekecewaan, kesedihan, hingga rasa putus asa. Namun, bagi para lansia, depresi bisa saja muncul karena fisiknya tidak lagi prima seperti dahulu dan seringnya mereka mengalami kelelahan, kesulitan beristirahat, mendapatkan rasa nyeri, atau bahkan berkonsentrasi untuk menyelesaikan berbagai hal. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang, baik itu dari pihak keluarga atau bahkan dari pakar kesehatan, menganggap hal ini sebagai hal yang wajar di usia lanjut.

Dari jurnal Canadian Psychiatry yang diterbitkan pada bulan Maret 2004, ditemukan fakta bahwa 4,4 persen wanita lansia dan 2,7 pria lansia mengalami depresi. Dengan populasi penduduk Indonesia yang semakin banyak, tentu dikhawatirkan angka ini bisa ikut membesar, bukan?

Pakar kesehatan menyarankan peran keluarga dalam mendukung para lansia untuk mencegah terjadinya depresi. Sebagai contoh, memberikan perhatian meskipun hanya dengan mendengarkan keluh kesah dan cerita para lansia sudah bisa dianggap cukup efektif untuk mencegah depresi. Selain itu, keluarga juga bisa mempersiapkan pola makan yang sehat bagi para lansia sehingga kesehatan fisik dan psikologisnya pun tetap dalam kondisi baik. Jika memiliki waktu, ajaklah orang tua untuk berjalan-jalan atau berolahraga demi kesehatan fisik dan psikologisnya.