Jaga Kesehatan Vagina dengan Mengonsumsi 4 Makanan Berikut

doktersehat-penyakit-vagina-1024
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan vagina merupakan suatu kewajiban bagi setiap wanita. Sebab, vagina merupakan organ vital yang rentan terhadap penyakit. Menjaga kesehatan vagina bisa dengan cara melakukan perawatan di tempat kecantikan ataupun di sebuah rumah sakit.

Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga vagina agar senantiasa selalu sehat, yakni dengan cara mengonsumsi makanan terterntu. Berikut 4 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan vagina:

1. Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi wanita hamil. Ikan ini mengandung asam folat dan kaya akan omega 3. Selain itu, salmon ternyata juga bisa menjaga kesehatan vagina.

Hal ini dikarenakan ikan salmon mengandung lemak yang terbukti mampu menjaga kelembapan vagina, terlebih lagi pada saat wanita sudah memasuki masa menopause.

2. Telur

Makanan yang selalu ada di kulkas ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan vagina. Vitamin D yang terkandung dalam telur mampu mencegah vagina terserang penyakit infeksi yang disebut dengan bacterial vaginosis. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama vagina.

Sebuah penelitian membuktikan hal tersebut, mereka menemukan fakta dengan melakukan uji coba pada 15 wanita yang rutin mengonsumsi vitamin D setiap minggu. Hasilnya, wanita tersebut terhindar dari infeksi vagina.

3. Yogurt

Setiap organ pada tubuh pasti memiliki bakteri baik, tak terkecuali vagina. Bakteri ini bisa membantu dalam mempertahankan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari ancaman penyakit yang berbahaya. Dengan mengonsumsi yogurt, maka populasi bakteri baik di dalam tubuh, terutama vagina akan meningkat.

Anda harus pintar memilih yogurt yang aman untuk dikonsumsi. Ternyata, ada banyak yogurt yang memiliki varian rasa dan sudah tidak original lagi. Jauh lebih baik jika Anda memilih greek yogurt.

4. Kimchi

Kimchi merupakan makanan yang terbuat dari sayuran yang telah difermentasi oleh bakteri baik. Makanan yang telah menjadi makanan pokok orang Korea ini ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan vagina. Hal ini dikarenakan kimchi mengandung bakteri baik yang bisa membantu menjaga kesehatan populasi flora usus dalam tubuh, termasuk vagina.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik