Jaga Kesehatan Kandung Kemih Dengan Cara Ini

DokterSehat.Com – Banyak orang menderita gangguan pada kandung kemih dan mengalami gejala seperti terbakar ketika buang air kecil, jika Anda tidak ingin mendapati kondisi serupa, simak tips menjaga kesehatan kandung kemih seperti berikut ini :

3

  • Menjaga berat badan ideal
    Semakin berat tubuh dan semakin banyak lemak yang menutupi, maka semakin tertekan kandung kemih di dalam tubuh. Jadi, menurunkan berat badan saat tubuh gemuk sangat bisa meringankan kerja kandung kemih yang baik dan sehat.
  • Latihan senam kegel
    Jangan kira senam hanya untuk menurunkan berat badan dan mengencangkan kulit bergelambir, senam juga bisa menyehatkan kandung kemih Anda. Caranya, dengan mengikuti senam Kegel yang mampu melatih otot di bagian bawah perut serta bagian pinggul. Bahkan senam Kegel juga sangat baik dilakukan sebelum Anda memiliki anak karena memperkuat otot di bagian sekitar panggul.
  • Awasi minum anda
    Konsumsi minuman juga sangat mempengaruhi apakah kandung kemih Anda sehat atau tidak. Jika Anda terlalu sering minum bir dan berbagai macam minuman beralkohol, kopi, teh serta soda, tidak heran jika kandung kemih Anda tidak sehat. Kebiasaan minum minuman tersebut dapat menurunkan fungsi kandung kemih.
  • Makan serat
    Selain melancarkan pencernaan dan buang air besar, mengonsumsi makanan berserat juga berfungsi untuk menyehatkan kandung kemih. Makanan berserat di antaranya adalah buah-buahan, sayuran hijau, dan gandum.
  • Jalan-jalan
    Beberapa orang dengan kondisi tertentu, misalnya penyakit jantung, punya kecenderungan menyimpan cairan di kaki sepanjang hari. Saat malam menjelang, cairan tersebut membuat mereka harus berkali-kali buang air kecil. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu lebih rajin jalan-jalan untuk melemaskan otot kaki dan melancarkan jadwal buang air kecil.
Baca Juga:  Dokter Jimmy Pelealu

Selain itu, sebaiknya Anda minum 8 gelas per hari untuk membersihkan kandung kemih. Jika Anda sedikit minum air, hal ini akan memperberat kerja ginjal dan meningkatkan konsentrasi urin di dalam kandung kemih. Jadi, jaga kesehatan kandung kemih dengan cara di atas ya.