Jaga Kesehatan dan Kebersihan Mata Agar Tidak Mudah Terkena Alergi

DokterSehat.Com – Kegiatan sehari-hari ternyata bisa menyebabkan masalah pada kesehatan mata. Tak percaya? Pakar kesehatan menyebutkan jika penggunaan mascara secara rutin, penggunaan beberapa produk kimia layaknya shampoo, cologne, eyeliner, terkena debu dan polusi, atau bahkan memakai bantal berbulu ternyata bisa memicu alergi pada area mata. Jika hal ini terjadi, maka kita akan mengalami masalah mata kering atau iritasi yang tentu akan membuat mata kurang nyaman. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk menjaga kebersihan area mata agar masalah alergi ini tidak akan terjadi.

doktersehat-minyak-kemiri-eyebrow-tebal-alis-mata-alergi

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk membuat mata kita tidak mudah terkena alergi adalah dengan mulai membiasakan diri untuk tidak menyentuh mata dengan tangan atau jari. Kadangkala, area mata, khususnya kelopak mata akan terasa gatal dan tidak nyaman sehingga harus disentuh atau digaruk dengan jari tangan. Kita pun tidak akan segan melakukannya meskipun tangan kita dalam kondisi yang kotor. Hal ini ternyata bisa memicu alergi atau iritasi pada mata.

Hal berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mencegah alergi pada mata adalah dengan mengompres mata dengan air hangat. Kita bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari jika kita termasuk orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan atau di area yang cukup kotor. Cukup dengan memakai kain bersih yang direndam pada air hangat, kita bisa menempelkan kain yang basah ini pada area mata sekitar 10 hingga 15 menit. Mata pun akan menjadi lebih bersih dan lebih rileks sehingga tidak akan mudah terkena alergi ataupun iritasi.

Wanita yang memakai make-up juga harus membersihkan wajahnya, khususnya pada area mata dengan pembersih khusus yang disertai dengan pelembab. Dengan melakukan hal ini, kulit pada area mata akan terjaga kebersihan dan kelembabannya sehingga tidak akan mudah mengalami masalah kesehatan.