Jaga Jantung Anda Dengan Makan Kerang Hijau

DokterSehat.Com – Seiring bertambahnya umur, tubuh menjadi lebih tua dan rentan terserang penyakit. Tubuh Anda pun mengalami banyak kemunduran dan bahkan mungkin sudah tidak seluwes dahulu. Bahkan jantung Anda pun mungkin saja mengalami masalah. Jangan sampai ini terjadi.



Meski memang bertambahnya umur tidak bisa dihindari, namun masalah kesehatan menjelang usia tua tetap bisa dikurangi, salah satunya adalah dengan makan makanan bergizi. Makanan bergizi yang sangat baik untuk jantung salah satunya adalah kerang hijau. Berdasarkan stylecraze.com, kerang merupakan makanan rendah lemak dan kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, asam lemak omega-3, khususnya yang ada di dalam ikan dan kerang, memiliki manfaat kardio-protektif atau menjaga jantung. Asam lemak ini akan menurunkan risiko terjadinya detak jantung abnormal, tingginya tingkat gliserida (kolesterol jahat) dalam darah dan mengurangi risiko serangan jantung bahkan kematian mendadak karena penyakit jantung.

Yang Anda butuhkan tidak banyak, cukup satu mangkuk atau satu porsi kerang hijau masak saja. Tidak perlu makan setiap hari untuk menghindari risiko keracunan merkuri, jika kerang hijau berasal dari laut. Jika Anda mengonsumsi kerang hijau air tawar, kandungan asam lemak omega-3 nya lebih sedikit daripada kerang hijau air laut, namun juga lebih aman dari merkuri. Jika ingin makan kerang, cukup 2-3 kali seminggu.