Jaga Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Penghujan

DokterSehat.com– Datangnya musim penghujan menjadi waktu yang lebih perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, terlebih lagi untuk anak-anak yang masih memiliki daya imun belum sempurna. Musim ini anak bisa rentan tehadap beberapa penyakit, seperti flu, demam, batuk, dan pilek. Maka dari itu, dibutuhkan daya tahan tubuh yang optimal untuk mencegah penyakit ini. Berikut ini ada beberapa tips yang  dapat Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh sang buah hati.



  • Pakaikanlah baju hangat, jaket, sarung tangan, kaos kaki, sarung tangan, dan sepatu hangat sat melakukan aktivitas di luar rumah. Kenakan pakaian yang lebih tebal pada anak atau bayi dibanding yang dipakai oleh orang dewasa. Namun jangan terlalu berlebihan dengan menambahkan selimut tebal dan bantal, khususnya pada bayi. Hal ini dapat menyebabkan sindrom kematian bayi mendadak, akibat kurangnya oksigen. Jika ingin menutupi dengan selimut, pastikan selimut hanya sampai menutupi bagian dada, jangan sampai menutupi wajah bayi.
  • Dengan suhu dan cuaca yang dingin memang tidak serta merta mengakibatkan pilek dan flu. Namun virus yang menyebabkannya memiliki kecenderungan muncul lebih banyak pada kondisi yang lembab, seperti musim penghujan dan udara dingin. Maka dari itu biasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, serta biasakan mencuci tangan sebelum makan, memakai masker, dan membuang bekas tisu setelah bersin atau batuk ke tempat sampah dengan cara yang baik. Diantara hal tersebut, asupan yang bergizi adalah hal yang sangat baik bagi tubuh sebagai penangkal alias daya tahan tubuh.
  • Di saat musim penghujan waktu anak bermain harus dibatasi tentunya. Disaat kondisi dan udara dingin alangkah baiknya bagi Anda untuk mengingatkan mereka kembali secara periodik ke rumah untuk menghangatkan badan. Hal ini untuk mencegah hipotermia.
  • Saat mengantarkan anak ke sekolah, pakaikan perlengkapan hujan yang lengkap. Tidak hanya jas hujan atau payung, siapkan pula sepatu bot, untuk melindungi dari air hujan, genangan air, serta cipratan air yang mengalir di jalan-jalan.
  • Kosongkan wadah air atau menutupnya dengan rapat untuk mencegah adanya nyamuk penyebab demam berdarah. Resiko ini akan sangat berbahaya tidak hanya bagi anak, tetapi juga orang dewasa.
  • Pastikan selalu anak Anda dan keluarga mengkonsumsi air dan makanan yang bersih. Beberapa jenis penyakit seperti kolera dan diare dapat menyerang, disebabkan oleh air yang telah terkontaminasi.
  • Selalu ajarkan dan bimbing anak mencuci tangan dengan benar di waktu-waktu yang tepat.
  • Berikan vaksinasi untuk anak Anda. Bawalah Anak anda ke dokter dan minta rekomendasai vaksin yang tepat untuk Anda.
Baca Juga:  Ini Dia Tips Hentikan Cegukan Pada Bayi