Jaga Berat Badan Tetap Ideal Dengan Menjadikan Dapur Bertema Warna Biru

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengaku kesulitan untuk menjaga berat badannya tetap ideal atau menurunkan berat badannya karena tidak mampu mengendalikan nafsu makannya. Tak hanya mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih besar, kebiasaan ngemil makanan yang tidak sehat disebut-sebut sebagai penyebab dari hal ini. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada cara unik dan efektif yang bisa kita lakukan untuk menjaga berat badan atau menurunkan berat badan. Cara tersebut adalah dengan membuat dapur bertemakan warna biru.

doktersehat-dapur-bersih-bakteri

Menurut konsultan warna yang berasal dari Inggris bernama Leslie Harrington, warna pada rumah ternyata tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap unsur estetika saja, namun juga bisa mempengaruhi faktor psikis dan kejiwaan penghuninya. Andai kita membuat dapur bertemakan warna biru, baik itu dengan cara mengecat dinding dapur dengan warna yang sejuk ini atau dengan membeli lemari, perabotan dapur, atau perlengkapan makan dengan warna biru, maka secara psikis penghuninya akan memiliiki sifat lebih tenang dan membuat kita lebih baik dalam mengendalikan nafsu makan. Hal yang berbeda justru terjadi andai dapur memiliki tema warna yang cenderung cerah layaknya merah, kuning, atau oranye. Meskipun terlihat ceria dan menyenangkan, warna-warna ini ternyata bisa membuat kita meningkatkan nafsu makan dengan signifikan.

Leslie merekomendasikan kita untuk membuat dapur memiliki tema warna putih dan biru. Tak hanya itu, kita juga bisa menggunakan warna hijau sebagai alternatif. Warna-warna ini mampu memberikan efek segar dan menciptakan sensasi damai dan tenang pada pikiran. Hal inilah yang akhirnya bisa membuat kita menurunkan stress pada tubuh kita. Kita pun tidak akan melampiaskan stress dengan makan secara berlebihan.

Tak hanya tembok, Leslie merekomendasikan kita menggunakan warna-warna yang segar dan damai ini pada peralatan dapur, taplak meja, warna kursi, atau bahkan gorden pada dapur. Dengan melakukan perubahan kecil ini pada dapur, diharapkan kita bisa lebih baik dalam menjaga berat badan tetap ideal.