Jaga Anak Tetap Sehat Selama Liburan

DokterSehat.Com – Apabila liburan sekolah teah tiba, pastinya buah hati kita akan mengajak untuk berwisata ke suatu tempat ataupun bermain kemana-mana, setelah bermain-main selama liburan tersebut,kita sebagai orang tua pastinya akan sangat was-was mengenai kondisi kesehatannya, terlebih jika aktivitas bermain yang anak kita lakukan saat liburan itu banyak, maka tubuh kondisi anak bisa drop atau melemah. Nah sebelum anak anda mengalami hal semacam itu, berikut ada cara agar anak tetap sehat selama liburan berlangsung :

8

  • Istirahat cukup
    Ketika sedang liburan biasanya anak akan bangun lebih siang dibanding ketika bersekolah. Hal ini sudah lumrah. Akan tetapi jika berlebihan maka tidak baik juga bagi anak. Usahakan untuk beristiraha sesuai jadwalnya, jangan tidur terlau larut malam. Ketika tidur, maka anggota tubuh anak-anak akan beristirahat dan mengembalikan energi mereka yang telah terpakai seharian. Selain itu, tidur juga akan meningkatkan kekebalan dan memperbaharui sel-sel mati. Agar anak tetap beristirahat cukup ketika liburan, terapkan waktu tidur yang sama dengan rutinitas sehari-harinya. Jangan lupa untuk membawa benda kesayangannya, seperti boneka, bantal, atau selimut yang akan membuatnya merasa nyaman walaupun tidak sedang berada di rumah.
  • Tetap aktif
    Usahakan untuk menyuruh anak anda tetap aktif bermain diluar seperti bersepeda, lari, dan sebagainya. Yang terpenting adalah anak harus aktif bergerak dan mengeluarkan keringat. Hal tersebut dapat memperkuat daya tahan tubuh si anak. Jangan biarkan anak-anak anda berlama-lama dalam menonton tv, main komputer dan berdiam diri karena tidak baik untuk kesehatannya, khususnya mata.
  • Hindari kontak langsung dengan wajah anak
    Biasanya para orang yang gemas dengan anak-anaknya yang lucu sering menempelkan wajahnya pada sang anak. Hal yang tidak anda ketahui adalah, ketika anda menempelkan wajah anda kepada anak, secara tidak langsung anda akan menulari sang anak dengan virus dan bakteri dari anda, seperti influenza, batuk, dll. Hindari sebisa mungkin kontak langsung dengan wajah anak, apalagi jika anda sedang mengalami sakit.
  • Pilih makanan dan minuman sehat
    Biasanya jika sedang berlibur, orang tua kurang memperhatikan makanan dan minuman apa yang dikonsumsi oleh anak-anaknya. Ya liburan biasanya menjadi alasan mengapa orang tua sering memberikan makanan cepat saji atau junk food kepada anak-anaknya. Padahal makanan dan minuman adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan anak. Tetap beri anak makanan empat sehat lima sempurna. Sediakan selalu air putih, untuk mengurangi kebiasaan untuk minum minuman bersoda. Usahakan juga untuk mengingatkan anak anda supaya teratur makan dan tidak menunda-nundanya, trik ini biasanya dapat mencegah anak supaya tidak mengkonsumsi makanan laen seperti junk food atau makanan cepat saji.
  • Jaga kebersihan tangan
    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk cuci tangan sesering mungkin, mengingat fakta dari gerakan ini yaitu mampu mengurangi risiko gangguan saluran pernapasan hingga 45 persen. Selain itu, 80 persen persebaran kuman juga dilakukan melalui sentuhan, sedangkan anak-anak pasti akan menyentuh banyak benda selama berlibur. Selali ingatkan anak anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bersin dan mungkin setelah bermain dengan binatang peliharaan. Usahakan selalu menggunakan sabun yang mengandung antiseptik setiap kali mencuci tangan.