Pentingnya Waktu Istirahat Saat Mudik Lebaran

doktersehat mudik dengan kapal laut
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Saat sedang mudik Lebaran, kita selalu berusaha agar bisa segera sampai ke tujuan dengan cepat. Akhirnya, waktu istirahat yang berharga sering sekali dilewati. Alih-alih beristirahat selama beberapa menit, Anda lebih memilih untuk segera melakukan perjalanan.

Anda yang menggunakan kendaraan umum mungkin menyesuaikan dengan sopir yang melakukan perjalanan. Namun, beberapa bus kerap berhenti di beberapa rest area untuk beristirahat sejenak dan mengisi bahan bakar agar bisa segera melakukan perjalanan dengan lancar.

Sebenarnya sepenting apa istirahat saat sedang mudik? Apakah ada hal buruk yang akan terjadi kalau kita tidak beristirahat dengan benar dan sesuai dengan anjuran?

Pentingnya istirahat saat mudik

Saat sedang mudik, beristirahat adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan tanpa banyak kompromi. Berikut beberapa alasan yang membuat kita wajib istirahat apa pun alasannya.

  1. Menghindari risiko pusing dan mual

Terus berada di dalam kendaraan dalam jangkau waktu lebih dari 3 jam akan membuat Anda jadi pusing dan mual. Oleh karena itu, beberapa orang merekomendasikan istirahat selama beberapa saat di rest area atau di pinggir jalan yang aman dan nyaman.

  1. Masih kuat berpuasa

Kalau Anda beristirahat saat mudik khususnya yang menggunakan pribadi, puasa tetap bisa dijalani dengan baik. Anda masih bisa sahur dan berbuka di jalanan meski akses ke makanan serba terbatas.

  1. Menghindari micro sleep

Salah satu yang ditakuti oleh mereka yang sedang berkendara adalah micro sleep. Saat tubuh capai dan kantuk datang, micro sleep bisa muncul dan menyebabkan Anda tidur selama beberapa detik meski sedang mengendarai mobil atau motor.

Micro sleep sangat berbahaya untuk kesehatan karena bisa memicu tabrakan. Meski Anda hanya tidur selama beberapa detik, kendaraan bisa tidak terkontrol dan akhirnya menabrak apa saja yang ada di depannya.

  1. Mencegah sakit saat Lebaran

Istirahat selama perjalanan akan membuat Anda selalu sehat setiap saat. Meski melakukan perjalanan yang cukup jauh, tubuh tidak akan drop dan saat momen Lebaran tiba, kita tidak sakit.

Cara melakukan istirahat dengan benar

Kalau Anda ingin melakukan istirahat yang benar sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan, simak ulasan di bawah ini.

  1. Saat naik bus umum

Kalau Anda mudik dengan bus umum, sebisa mungkin untuk segera istirahat begitu masuk atau pada satu pertama. Jangan terlalu banyak bermain dengan ponsel karena bisa membuat Anda susah sekali mengantuk selama perjalanan.

  1. Saat naik kereta api atau pesawat

Istirahat di kereta api dan pesawat terbang mudah sekali dilakukan. Anda bisa langsung bersantai di dalam kendaraan. Mudik dengan kereta api dan pesawat mungkin tidak memberikan rasa capai yang besar sehingga Anda boleh istirahat jika memang diperlukan.

  1. Saat naik kapal laut

Perjalanan dengan menggunakan kapal laut biasanya berjalan selama 2-3 hari atau lebih bergantung dengan lokasi yang dituju. Karena Anda akan lama di dalam kapal laut, sebisa mungkin banyak beristirahat, tidak banyak bergerak, dan minum obat anti mabuk agar bisa segera istirahat.

  1. Saat naik kendaraan pribadi

Kalau Anda naik kendaraan pribadi untuk mudik pastikan selalu beristirahat setiap 3 jam sekali kalau menyetir sendiri. Istirahat ini akan membantu Anda meregangkan tubuh agar tidak kaku dan menghilangkan kantuk yang berbahaya kalau dipaksakan untuk tetap menyetir.

Apa pun jenis transportasi yang Anda pilih saat mudik, Anda disarankan untuk tetap beristirahat selama perjalanan. Hindari memaksakan diri agar tubuh tetap sehat saat sampai di kampung halaman.