Isap Ganja Bisa Menghambat Pertumbuhan Remaja

DokterSehat.Com – Saat anak memasuki awal masa puber, tingkat pertumbuhan mereka mengalami peningkatan. Namun, peneliti menunjukkan bahwa remaja yang menggunakan ganja akan mengalami penurunan laju pertumbuhan.



Peneliti dari perguruan tinggi di Pakistan meneliti darah dari 217 anak laki-laki pengguna ganja dan 220 yang tidak. Mereka mengamati tingkat hormon yang dikaitkan dengan pertumbuhan dan pubertas.

Seperti dikutip dari Fox News pada Jumat (22/5/2015), peneliti menemukan bahwa tingkat hormon testosteron dan luteinising yang berhubungan dengan pubertas lebih tinggi ditemukan pada pengguna ganja. Namun, tingkat hormon pertumbuhan pada pengguna ganja tersebut menurun secara signifikan.

Peneliti juga melakukan pengecekan terhadap laki-laki berusia 20 tahun. Hasil yang ditemukan adalah laki-laki yang tidak menghisap ganja 4 kg lebih berat dan sekitar 10 cm lebih tinggi daripada mereka yang menghisap

Pengguna ganja mungkin berpikir bahwa obat-obatan tersebut mampu membuat mereka menjadi tenang. Padahal, peneliti menelusuri bahwa ganja malah menambah stres kepada tubuh. Pada pengujian air liur yang diambil dari 10 pecandu ganja, peneliti menemukan tingginya tingkat hormon stres kortisol, seperti yang dilaporkan Belfast Telegraph.

Penggunaan ganja dapat membangkitkan respons stres yang distimulasi pada awal masa puber dan mampu menekan laju pertumbuhan, ucap ketua penelitian. Awal pubertas adalah masa saat remaja mulai mencoba minuman keras dan merokok, dan tingginya penyalahgunaan obat-obatan. Hal ini disebabkan mereka memasuki masa awal dari kematangan emosional, imbuhnya.

Daily Telegraph juga melaporkan terdapat sekitar 7% dari remaja berusia 11 hingga 15 di Inggris yang berjumlah 250 ribu yang menggunakan ganja di tahun 2013. Dan untuk pengguna ganja terbanyak berasal dari kelompok usia 15 hingga 24 tahun.

Baca Juga:  Manfaat Sari Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Peneliti menyatakan bahwa penelitian tersebut akan dipresentasikan pada konferensi di Dublin, yang akan memberikan insight mengenai efek penggunaan narkoba pada pertumbuhan dan perkembangan remaja.