Internet Tingkatkan Kemampuan Otak

DokterSehatBerselancar di dunia maya (internet) ternyata bisa meningkatkan fungsi otak dan memperkecil kemungkinan kehilangan memori ingatan. Setidaknya ini terbukti pada orang dewasa berusia sekitar 50 tahun ke atas. Hasil penelitian terbaru tim peneliti psikiater dan peneliti saraf University of California Los Angeles (UCLA) menunjukkan, penggunaan internet pada orang berusia tua bisa meningkatkan fungsi kognitif.



Situs National Geographic News dan harian the Telegraph, Selasa (20/10), yang mengutip hasil penelitian itu, menyebutkan bahwa tim UCLA membandingkan 24 orang dewasa usia 55-78 tahun yang sama sekali belum pernah membuka internet dengan yang tak pernah absen setiap hari. Hasilnya, ada peningkatan aktivitas bagian otak yang bertugas menangani memori dan membuat keputusan. ”Ini menunjukkan, membuka-buka situs di internet bisa menjadi cara mudah untuk melatih otak,” kata peneliti senior Teena D Moody.

Sukarelawan penelitian ini diminta membuka internet di rumah selama empat jam setiap hari. Bukan hanya sembarang membuka situs, tetapi secara khusus menggunakan mesin pencari dan menjawab pertanyaan berbagai topik yang ada di berbagai situs. Satu pekan kemudian para sukarelawan diperiksa dan hasilnya ada peningkatan aktivitas otak pada wilayah yang terkait kemampuan penggunaan bahasa, visual, memori, dan membaca.

Selama ini efek teknologi pada fungsi otak menjadi perdebatan sengit. Direktur the Royal Institution Susan Greenfield menghubungkan situs jaringan sosial di internet dengan berkurangnya daya konsentrasi pada anak. Ia juga menyalahkan layanan pesan singkat (SMS) sebagai penyebab meningkatnya ketidakpedulian pada anak. (LUK)
Sumber : (Anna) Kompas Cetak