Topiramate – Interaksi dengan Alkohol, Diet Keto, dan Obat Lainnya

DokterSehat.Com– Beberapa hal yang harus dihindari saat mengkonsumsi topiramate (Topamax, Topamax Sprinkle, Topiragen) akan dijelaskan pada artike berikut ini.

topiramate

Topiramate dapat menyebabkan penglihatan kabur atau mengganggu pemikiran atau reaksi Anda. Hati-hati jika Anda menyetir atau melakukan apapun yang mengharuskan Anda waspada dan mengharuskan Anda melihat dengan jelas.

Hindari minum alkohol. Hal ini dapat meningkatkan efek samping topiramate tertentu, dan juga dapat meningkatkan risiko kejang.

Diet ketogenik atau “ketosis” yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Hindari penggunaan diet semacam itu saat Anda mengkonsumsi topiramate.

Apa obat lain yang akan mempengaruhi topiramate (Topamax, Topamax Sprinkle, Topiragen)?
Obat dingin atau alergi, obat penenang, obat antinyeri golongan narkotik, pil tidur, pelemas otot, dan obat untuk depresi atau kecemasan dapat menyebabkan kantuk yang disebabkan oleh topiramate. Beritahu dokter Anda jika Anda secara teratur menggunakan obat-obatan ini, atau obat kejang lainnya.

Beritahu dokter Anda tentang semua obat lain yang Anda gunakan, terutama:

  • Lithium (Eskalith, LithoBid)
  • Hydrochlorothiazide (HCTZ, HydroDiuril, Hyzaar, Lopressor, Vasoretic, Zestoretic)
  • Metformin (Glucophage, Actoplus Met, Avandamet, Fortamet, Janumet, PrandiMet, Riomet)
  • Atropin (Atreza, Sal-Tropine), belladonna (Donnatal, dan lainnya), benztropine (Cogentin), dimenhydrinate (Dramamine), methscopolamine (Pamine), atau skopolamin (Transderm-Scop)
  • Bronkodilator seperti ipratropium (Atrovent) atau tiotropium (Spiriva)
  • Obat untuk kandung kemih atau obat berkemih seperti darifenacin (Enablex), solifenacin (Vesicare), dan lain-lain
  • Obat glaukoma seperti acetazolamide (Diamox) atau methazolamide (Neptazane)
  • Obat kejang lainnya seperti karbamazepin (Carbatrol, Equetro, Tegretol), lamotrigin (Lamictal), fenitoin (Dilantin), sodium divalproex (Depakote), asam valproik (Depakene, Stavzor), atau zonisamida (Zonegran)

Daftar obat ini tidak lengkap dan obat lain mungkin berinteraksi dengan topiramate. Beritahu dokter tentang semua obat yang Anda konsumsi. Ini termasuk obat yang diresepkan dokter, vitamin, obat herbal, jamu-jamuan, maupun obat bebas yang Anda konsumsi tanpa resep dokter. Jangan memulai pengobatan baru tanpa memberi tahu dokter Anda.

Baca Juga:  Topiramate - Sediaan, Indikasi, Efek Samping

Dimana saya bisa mendapatkan lebih banyak informasi?
Apoteker Anda dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang topiramate , atau catatan tertulis dari profesional kesehatan Anda yang dapat Anda baca.

Topiramate: 1 2 3 4